• Thu. Jul 25th, 2024

    Puskesmas Cilacap Lakukan Skrining Anemia & Hb Guna Cegah Anemia

    ByASD

    Jan 13, 2023

    Cilacap, INTRA62.com – 11 Januari 2023 Sebanyak 172 siswi kelas 1 SMPN 1 Cilacap, Jawa Tengah mengikuti skrining anemia remaja putri (Rematri) yang diselenggarakan Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas Cilacap Selatan.

    Beberapa tenaga medis dari UPTD Puskesmas Cilacap Selatan 1 melakukan pemeriksaan anemia dan pemeriksaan hemoglobin (Hb) kepada ratusan siswi SMPN 3 Cilacap.

    siswi SMPN 3

    Kegiatan berlangsung di sekolah setempat pada Kamis pagi (12 Januari 2023) dengan partisipasi 151 siswa kelas 7.

    Baca juga:Melanggar Aturan, RTH Cilacap Dipenuhi Bendera Parpol 

    Dr. Candrika Ramadhani, petugas medis di UPTD 1 Cilacap Selatan mengatakan: “Ini merupakan program Kementerian Kesehatan untuk mendeteksi dini anemia pada siswa SMP. Maka hari ini kami akan mengambil sampel darah hemoglobin (Hb) untuk anak-anak dan memberikan zat besi tablet”. Pusat layanan kesehatan. Ia menambahkan, pemberian tablet darah tambahan atau TTD diberikan kepada mahasiswa yang anemia atau kurang darah.

    “Tonik darah ini kami berikan dengan kadar hemoglobin kurang dari 12. Selain itu, kami juga memberikannya kepada anak-anak yang sedang menstruasi dan dosisnya akan tergantung pada hasil,” tandasnya.

    Candrika mengatakan remaja putri berisiko lebih tinggi terkena anemia atau anemia. “Dan ketika anak anemia, anak akan mudah lesu, lemas, mudah lelah dan mengantuk, sulit berkonsentrasi di sekolah. Oleh karena itu, kami berupaya mencegah anemia melalui kegiatan ini,” terangnya.

    Sementara itu, Kepala SMPN 3 Cilacap, Tarno, memuji dan memuji kegiatan skrining anemia yang dilakukan Puskesmas setempat.

    “Saya menyambut baik dan menyambut positif skrining anemia ini karena sangat bagus untuk deteksi dini siswa kita, khususnya siswa kelas 7 SMPN 3 Cilacap untuk deteksi dini,” ungkapnya.

    Diharapkan melalui pemeriksaan anemia dan pemeriksaan hemoglobin (Hb), anak-anak akan lebih sehat dan bebas dari anemia. “Semoga mereka semakin sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik dan yang terpenting tidak menjadi anemia,” pungkas Tarno.

    (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/