• Wed. Jun 19th, 2024

    Kemenag Siapkan Petugas Khusus Jemaah Haji Lansia

    ByASD

    Jan 13, 2023

    INTRA62.com, Jakarta – Kemenag akan menyiapkan petugas dengan kemampuan khusus untuk membantu calan  haji lansia atau jemaah lansia.

    Polisi sudah siap mental karena umrah tahun ini tidak ada batasan usia bagi calon jamaah.

    “Kita perlu menyiapkan petugas dengan kemampuan khusus untuk mendampingi dan melayani jemaah lanjut usia,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief, Jumat (13/1/2023).

    Baca juga: Kelola Sampah Di Perbatasan, Tangerang & Tangsel Harus Belajar Dari Jakarta Dan Bekasi

    Hilman mengatakan penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M akan lebih sulit karena kuota meningkat signifikan. Sementara itu, banyak jemaah yang tertunda keberangkatannya sejak tahun 2020, dan banyak di antaranya yang berusia lanjut.

    “Saat ini jamaah yang berusia di atas 65 tahun lebih banyak dari biasanya. Pasalnya, banyak orang yang menunda kepergiannya sehingga dipertemukan kembali tahun ini. Sedikitnya ada 62.879  jemaah haji lanjut usia,” jelasnya.

    Hilman berharap dengan terkonfirmasinya kuota Arab Saudi, jemaah haji Indonesia mulai mempersiapkan musim haji agar bisa memenuhi syarat istithaah. Proses pemeriksaan kesehatan akan dilakukan sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

    “Tahun ini sudah tidak ada lagi masalah Covid-19. Namun, kami mengimbau jemaah untuk waspada dan mempersiapkan diri dengan baik. Kemenag juga akan mempertimbangkan istithaah jemaah dari segi kesehatan, dan akan kami lanjutkan. untuk berusaha mencapainya. Selain menjaga kesehatan dan kebugaran, seperti yang sudah disampaikan Menhub, jemaah haji lansia harus dipersiapkan dengan baik,” ujarnya.

    Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah mengalokasikan 221.000 orang tanpa batasan usia seperti jamaah haji lansia untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dari Mekkah pada tahun 2023.

    Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 M di Jeddah, Arab Saudi Arab Saudi, Minggu (1/8/2023).

    “Alhamdulillah, misi haji 2023 sudah dimulai. Saya menandatangani perjanjian haji hari ini dengan Menteri Haji Arab Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini 221.000,” kata Yaqut dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (1/8/2023).

    “Kuotanya 203.320 jemaah biasa dan 17.680 jemaah khusus. Untuk petugas, tahun ini kita ada 4.200 kuota,” kata Yaqut.

    Penandatanganan kesepakatan kuota haji Indonesia tahun 2023 dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief dan Kepala Tata Usaha Keuangan Haji ( BPKH) Fadlul Imansya.

    (red)

    jemaah haji

    Baca Artikel lainya:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/