• Fri. May 24th, 2024

    Tren Kepuasan Publik Atas Kinerja Pemerintah Menurun: Pemilih Anies Justru Tunjukkan Tingkat Ketidakpuasan yang Tinggi

    ByNAS

    Mar 22, 2023

    Jakarta, Intra62.com – Hasil Survei Nasional Trust Indonesia yang digelar pada 28 Januari – 6 Februari 2023 menunjukkan tren kepuasan publik yang menurun atas kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

    Dalam statistik, hasil survei tersebut menunjukkan kepuasan publik berada pada level 62,5 persen, bergerak turun dari tingkat kepuasan tahun lalu yang berada di level 65,7 persen.

    Tren penurunan tersebut juga berlaku pada kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pada hasil survei kali ini, kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi hanya sekitar 67 persen. Sementara Wapres Ma’ruf hanya mendapatkan angka kepuasan sekitar 51,3 persen.

    “Secara umum, tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintahan memang menunjukkan penurunan. Tren penurunan itu juga terlihat pada persepsi publik atas kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Kyai Ma’ruf,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal dalam keterangannya kepada awak media, Senin (20/3/2023) sore.

    Baca Juga:  Pimpinan Ketua MA Sampaikan Refleksi Kinerja Mahkamah Agung 2022

    Tren penurunan publik ini juga dipengaruhi oleh ketidakpuasan responden terhadap kinerja penegakan hukum dan kondisi ekonomi. Pada poin penegakan hukum, penilaian responden yang buruk bahkan mencapai angka 51,2 persen. Angka tersebut jauh melampaui penghakiman baik responden yang hanya berjumlah 37,7 persen.

    Senada, publik juga menganggap kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja. Dalam hasil survei sebanyak 48,8 responden menilai kondisi ekonomi sedang buruk. Hanya 37,0 persen responden yang menilai ekonomi masih dalam keadaan baik.

    “Dua faktor yang menyebabkan tren kepuasan publik atas kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf menurun. Pertama, karena responden menganggap syarat penegakan hukum buruk. Kedua, karena responden kehilangan kondisi ekonomi yang tidak baik-baik saja,” jelas Azhari.

    Tak hanya itu, tren kepercayaan terhadap lembaga Kepresidenan pun berkurang. Dari angka statistik perolehan sekitar 86,3 persen pada tahun lalu, responden saat ini hanya memberikan kepercayaan sebanyak 84,0 persen. Angka tersebut lebih rendah dari tren kepercayaan responden kepada TNI yang berada pada kisaran level 85,1 persen.

    Pemiih Anies Tidak Puas

    calon Presiden (Capres) Anies Baswedan
    Foto Calon Presiden Anies Baswedan 2024. (intra62.com/NA)

    Temuan survei nasional Trust Juga menunjukkan bahwa ketidakpuasan pemilih calon Presiden (Capres) Anies Baswedan terhadap kinerja Presiden Jokowi, sangat tinggi. Secara statistik, jumlahnya sekitar 40,2 persen, tertinggi dibandingkan dengan ketidakpuasan yang dimiliki capres pemilih lainnya.

    Pemilih Capres Andika Perkasa menjadi pemilih yang memberikan penilaian kepuasan tertinggi kepada Presiden Jokowi, dengan angka 90,0 persen. Disusul pendukung Capres Ganjar Pranowo dan Puan Maharani yang masing-masing berada pada kisaran 86,4 persen dan 84,6 persen.

    Tak ayal, hanya sekitar 5,0 persen pemilih Capres Andika yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi, Hal itu sejalan dengan fakta yang menunjukkan hanya sebanyak 9,2 persen pemilih Ganjar Pranowo yang tidak puas dengan kinerja Presiden.

    “Hasil survei ini menunjukkan rata-rata pemilih Anies Baswedan memang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Sebaliknya, pendukung capres Ganjar justru menunjukkan tingkat kepuasan yang tingg! atas kinerja Presiden. Boleh jadi, ini juga semakin menunjukkan karakter yang sangat berbeda antara pemilih Anies dengan pemilih Ganjar,” ujarnya.

    Nasib Elektabilitas Capres

    Begitu pula, sejalan dengan kepuasan atas kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, elektabilitas capres Ganjar juga menjadi yang tertinggi di mata responden, yakni sebesar 25,4 persen. Elektabilitas Ganjar tercatat hanya terpaut sedikit dengan elektabilitas Anies Baswedan yang berkisar 24,0 persen.

    Kecenderungan ini juga sejalan dengan ciri-ciri Trust Indonesia soal persepsi perubahan politik dan anti perubahan yang dimiliki oleh partai dan Calon Presiden. Merujuk pada publikasi survei ini sebelumnya, Trust Indonesia kembali mengukuhkan temuan sosok Anies Baswedan sebagai calon presiden yang dipersepsikan sebagai Capres yang akan melakukan perubahan.

    “Dengan temuan survei Ini, sudah tidak bisa dipungkiri lagi Anies Baswedan menjadi figur perubahan dalam pemilu 2024. Sebab di tengah turunnya tren kepuasan publik atas kinerja Presiden Jokowi, elektabilitas Anies juga mengalami peningkatan,” jelas Azhari.

    Sementara itu, jika dilihat dari sebaran pemilih Capres di 38 provinsi, Anies Baswedan berhasil unggul di 16 provinsi. Anies sebagian unggul besar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Provinsi Kalimantan dan Pulau Sulawesi.

    Ganjar Pranowo berhasil unggul di 11 provinsi. Ganjar unggul di sebagian besar provinsi pulau Jawa dan pulau Papua.
    Tren Kepuasan Publik Atas Kinerja Pemerintah Menurun: Pemilih Anies Justru Tunjukkan Tingkat Ketidakpuasan yang Tinggi
    Foto Capres Ganjar Pranowo 2024. (intra62.com/NA)

    Dalam konteks pemilih berbasis partai politik, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo menjadi kandidat Capres yang paling banyak diusung pemilih. Keduanya dalam formulasi unggul 18 partai yang lolos pemilu 2024.

    Anies secara dominan berhasil mendapatkan dukungan pemilih di 6 partai, antara lain Nasdem (56,9 persen), PKS (57,2 persen), PAN (35,7 persen), PBB (40,0 persen), Demokrat (34,0 persen). persen). persen), dan Partai Ummat (55,6 persen).

    Sementara Ganjar dominan mendapatkan dukungan pemilih dari 5 partai, yakni PDIP (62,9 persen), Partai Buruh (42,9 persen), Partai Gelora (50,0 persen), Partai Hanura (66,7 persen) dan PSI (75,0 persen). 7 persen). 0 persen).

    “Secara statistik, (sementara ini) pemilu 2024 memang menjadi medan pertempuran antara Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo. Kemenangan kedua kandidat ini akan ditentukan oleh ketepatan memilih calon Wakil Presiden yang memiliki sebaran dukungan yang kuat di seluruh provinsi dan partai politik,” tutur Azhari. (merah)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/