• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Pesawat Susi Air, Milik Susi Pudjiastuti Dibakar

    ByNAS

    Feb 8, 2023

    Jakarta, Intra62.com – Pesawat Susi Air Dibakar, pemilik Susi Air yaitu Susi Pudjiastuti memohon do’a Keselamatan untuk Pilot dan Penumpang pesawat yang dibakar. Oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua.

    “Mohon do’akan dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan. Kami mohon keselamatan pilot dan penumpang PK BVY,” ucap Susi seperti dikutip dari akun @susipudjiastuti, pada Rabu (8/2/2023).

    Harapan itu terus dipupuk Susi. Ia berharap agar pilot dan penumpang bisa dijemput dalam keadaan sehat walafiat.

    “Mohon dukungan dan do’a semoga pilot kami di Nduga Paro diberikan lindungan Allah SWT, bisa kami jemput selamat.” tuturnya.

    Sebelumnya, Donal Fariz, perwakilan dari Maskapai Susi Air, membenarkan insiden pesawat Susi Air yang diduga dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan. Menurut Donal, dugaan itu dikuatkan dari posisi pesawat yang jauh dari kendala teknis sebab tengah berada di landasan pacu atau runway.

    “Posisi pesawat ada di jalur runway dan kami sedang melakukan pemeriksaan apakah terjadi kendala teknis di pesawat. Tapi itu agaknya jauh dari dugaan kebakaran dan hal teknis yang muncul dari pesawat itu sendiri karena pesawat mendarat dengan baik,” kata Donal.

    Donal menerangkan, kronologis pesawat mendarat pagi ini pada pukul 6.17 waktu Indonesia bagian timur. Selain ditemukan dalam kondisi sedang dilalap si jago merah, posisi pilot dan penumpang juga dinyatakan hilang.

    “Satu hal yang utama kami sedang melakukan penelusuran terkait keberadaan pilot yang sampai dengan saat ini belum dapat memastikan dimana lokasinya, termasuk juga para penumpang yang menaiki pesawat tersebut,” jelas dia.

    Donal memastikan, upaya dilakukan pihaknya pada saat ini dengan mencari bantuan dengan otoritas terkait setempat. Salah satunya, adalah dengan memastikan apakah pesawat tersebut telah disabotase.

    “Kami juga sedang melakukan upaya pengecekan apakah ada sabotase pihak tertentu yang melakukan perusakan terkait dengan pesawat tersebut,” ungkap Donal.

    Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Tidak Ada Kaitanya Dengan Lukas Enembe

    Potret Pesawat Susi Air
    Potret Pesawat Susi Air (intra62.com/NA)

    Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan insiden pembakaran pesawat Susi Air oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua Pegunungan tidak berkaitan dengan penanganan kasus Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    “Tidak ada,” ucap Mathius di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/2/2023).

    Menurut Fakhiri, aksi pembakaran itu dilakukan setelah terjadi ancaman kepada pekerja puskesmas di lokasi tersebut. Pesawat itu digunakan untuk mengevakuasi pekerja puskesmas.

    “Ada pengancaman terhadap pekerja puskesmas. Kita berusaha untuk evakuasi. Namun kemarin pesawat yang kita kirim tadi pagi, ya dibakar,” katanya.

    Dia pun memastikan aksi pembakaran tersebut tengah diselidiki oleh pihaknya.

    “Ya ada gangguan sedikit dari kelompok bersenjata. Kita sudah berusaha tangani nanti kita akan ke sana untuk bagaimana masyarakat di sana,” tutur dia.

    (red)

    Baca Juga: 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *