• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Khasiat Mengonsumsi Kurma Untuk Berbuka Puasa, Reaksinya

    ByNAS

    Apr 13, 2023
    Khasiat Mengonsumsi Kurma Untuk Berbuka Puasa

    Jakarta, Intra62.comKurma buah yang disarankan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadan. Memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks sehingga khasiat mengonsumsi Kurma saat berbuka puasa sangat dianjurkan Rasulullah.

    Berbuka puasa dengan makan kurma termasuk salah satu sunah Nabi. Mengonsumsi tiga butir kurma, rasa manis kurma mampu memenuhi kebutuhan gula harian dan memulihkan tenaga setelah berpuasa seharian. Apa saja khasiat lain dari kurma?

    Baca juga: Tanaman Semak Beluntas Memiliki Banyak Manfaat

    Pakar kesehatan dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengungkapkan selain gula, kurma mengandung karbohidrat kompleks, serat, elektrolit, mineral, dan kalori yang .

    “Kurma mengandung karbohidrat yang¬†kompleks. Dia ada serat, ada mineral sehingga cukup ideal sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma,” kata Prof Ari.

    “Demikian sunnahnya disebutkan untuk mengonsumsi dalam jumlah ganjil yakni 1, 3, atau 5 buah,” sambungnya.

    Selanjutnya, kurma juga mengandung air seperti buah lainnya. Meskipun komponen airnya kecil, kurma sangat baik bagi pengidap diabetes dan dapat menjadi pilihan utama.

    Begitupun dengan ahli gizi sekaligus Edukator Kesehatan PB IDI juga memberikan saran menu buka puasa berupa air putih dan kurma. Air berfungsi sebagai sumber utama rehidrasi tubuh. Lalu, dilanjutkan dengan makan makanan kecil dulu. Salah satunya dengan kurma.

    “Rehidrasi yang baik tentunya dengan minum air . Maka, disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa yang paling baik tentunya air. Jadi, air dan kurma,” ujar dr Tan.

    Khasiat mengonsumsi Kurma, ada 6 manfaat kurma baik bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

    Bergizi

    Kurma adalah buah yang bergizi tinggi karena mengandung sejumlah vitamin, salah satunya B6. Kurma juga mengandung mineral, serat, dan antioksidan.

    Kaya serat

    Kurma mengandung kaya akan serat sebesar 7 gram. Banyaknya kandungan serat ini berfungsi untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar (BAB).

    Tinggi kandungan antioksidan

    Kurma mempunyai beberapa jenis antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit. Antioksidan tersebut misalnya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiganya bisa membantu mengurangi risiko penyakit diabetes, alzheimer, jantung, dan kanker.

    Membantu persalinan Ibu Hamil

    Mengonsumsi kurma selama masa kehamilan ternyata bisa membantu proses melahirkan. Kurma mengandung senyawa tanin yang membantu ibu hamil pada saat kontraksi dan persalinan.

    Meningkatkan kesehatan tulang

    Kurma berkhasiat meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung sejumlah mineral, yaitu fosfor, kalium, magnesium, dan kalsium. Kandungan mineral ini berguna untuk mencegah osteoporosis.

    Pemanis alami

    Kandungan fruktosa dalam kurma termasuk ke dalam jenis pemanis alami. Fruktosa dalam menjadi gula alami yang lebih sehat dari gula putih. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *