• Thu. Jul 25th, 2024

    Girl Sebaiknya Hindari Beberapa Jenis Makanan Ini, Bisa Mengakibatkan Kista Ovarium

    Byratna

    May 11, 2023
    Girl Sebaiknya Hindari Beberapa Jenis Makanan Ini, Bisa Mengakibatkan Kista Ovarium

    Jakarta, Intra62.com – Bagi para wanita yang begitu rentan terkena kista ovarium. Girl sebaiknya hindari beberapa jenis makanan ini yang bisa mengakibatkan kista ovarium.

    Kista ovarium adalah kantong yang berisi cairan di dalam ovarium Anda. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, kondisinya bisa berbahaya, ketika kista ovarium pecah, memiliki ukuran yang besar, serta dapat menghalangi aliran darah menuju ovarium.

    Baca Juga: Penyakit Paru-Paru Yang Harus Diwaspadai

    Dalam beberapa kasus, biasanya seseorang yang mengalaminya tidak menyadari adanya kista ovarium dalam tubuh. Jadi terkadang, kista ovarium baru terdeteksi ketika sudah menjadi besar. Anda sendiri sebenarnya bisa mengenali beberapa gejala yang mungkin menjadi tanda adanya penyebab kista ovarium pada tubuh, seperti berikut ini:

    • Sering buang air kecil
    • Nyeri pada saat buang air kecil
    • Sering merasa lelah dan pusing
    • Adanya gangguan siklus menstruasi
    • Nyeri panggul sebelum menstruasi
    • Rasa mual disertai dengan muntah
    • Perut yang selalu terasa kembung

    Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk melakukan ultrasonografi (USG). Ada juga salah satu cara yang bisa dilakukan pengidap kista ovarium untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini juga berlaku buat Anda agar terhindar dari penyakit ini.

    Solusinya adalah dengan memperhatikan pola makan. Termasuk menghindari sejumlah makanan yang mempunya risiko lebih tinggi menjadi penyebab kista ovarium.

    Girl Sebaiknya Hindari Makanan yang Jadi Penyebab Kista Ovarium

    Beberapa makanan yang bisa mengganggu kadar hormon dan fungsi ovarium. Hal ini mengakibatkan meningkatnya risiko adanya kista ovarium. Untuk mengatasinya, ini dia jenis-jenis makanan yang wajib dihindari:

    Makanan cepat saji

    Siapa yang tidak menyukai hamburger dan kentang goreng? Rasanya memang lezat, tapi ternyata tidak disukai oleh tubuh.

    Sebab makanan cepat saji ini mengandung gula serta lemak tinggi yang dapat mengganggu fungsi ovarium serta meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium. Tidak hanya itu, kandungan pengawet dan kolesterol di dalamnya bisa memperburuk kondisi badan.

    Makanan yang digoreng

    Makan gorengan memang enak, apalagi dimakan saat panas-panas. Akan tetapi, makanan yang diproses dengan cara ini juga tidak baik bagi tubuh. Karena mengandung lemak tinggi, sehingga asupannya perlu dibatasi sebagai langkah mencegah berbagai penyakit, termasuk kista ovarium.

    Karbohidrat sederhana

    Setiap hari, kita memang tidak bisa terlepas dari mengkonsumsi karbohidrat, termasuk karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana memang sangat mudah diserap oleh tubuh serta akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Nantinya, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon insulin untuk mengatur gula darah.

    Ternyata, terlalu sering mengkonsumsinya hormon insulin yang terlalu banyak diproduksi, bisa mengakibatkan penurunan fungsinya. Padahal, insulin juga punya peran penting dalam mengontrol kerja ovarium untuk menghasilkan hormon reproduksi.

    Maka dari itu, batasi konsumsi karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti tawar putih, permen, dan kue kering.

    Makanan berpemanis

    Jenis makanan lain yang bisa menjadi penyebab kista ovarium berikutnya ialah makanan yang terlalu manis atau mengandung banyak pemanis. Contohnya seperti permen, cokelat, manisan buah, dan donat.

    Semua pemanis itu termasuk juga dalam karbohidrat sederhana. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berpemanis tinggi, ya.

    Makanan berlemak

    Konsumsi makanan berlemak bukan hanya mengakibatkan kenaikan berat badan, bahkan dapat memunculkan kista ovarium. Untuk mengatasinya, coba batasi asupan makanan berlemak, yakni kulit ayam, keripik kentang, mentega, dan keju.

    Minuman soda

    Minuman soda atau berkabonasi memang sangat menyegarkan, apalagi jika diminumnya saat cuaca sedang panas-panasnya. Tetapi, bila Anda ingin menghindari kista ovarium atau bahkan sudah memilikinya, sebaiknya menjauhi minuman tersebut. Hal ini bisa memperburuk keadaan karena dapat meningkatkan kadar estrogen.

    Minuman kafein tinggi

    Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk mengkonsumsi minuman berkafein. Minuman jenis berkafein ini bisa mengganggu kondisi hormon dalam tubuh. Untuk itu, konsumsi secukupnya saja.

    Daging merah

    Hendaknya kurangi konsumsi daging merah apabila Anda tidak mau terjangkit kista ovarium. Kandungan kolesterol yang cukup tinggi pada daging merah bisa mengakibatkan perkembangan sel abnormal pada tubuh.

    Awalnya mungkin memang sulit untuk menghindari sejumlah jenis makanan tersebut. Namun, ini semua demi kesehatan tubuh Anda. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menjalankan pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin supaya kadar hormon tetap stabil dan fungsi ovarium tetap dalam kondisi baik. (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/