• Thu. Jul 25th, 2024

    Tips Memanajemen Waktu Untuk Mengoptimalkan Harimu

    ByASD

    Dec 23, 2022

    (Intra62.com/Jakarta) Tips Memanajemen Waktu Untuk Mengoptimalkan tujuan, jadwal, dan gaya yang berbeda dalam melakukan pekerjaannya. Menemukan tips agar bisa mengoptimalkan setiap menit dan jamnya adalah hal yang praktis dan membuahkan hasil. Hal ini juga bisa menghemat lebih banyak waktu sehingga harimu bisa melakukan hal bermanfaat lainnya.

    Cara-cara kreatif untuk mengoptimalkan manajemen waktumu bisa kamu simak di bawah ini. Let’s cek it out! 

    Baca Juga:Rakornas BNPB, Kapolri Bicara Langkah Konkret Manajemen Risiko Bencana

    Lacak keseluruhan waktumu

    Kamu tidak dapat memperbaiki keterampilan manajemen waktumu, kecuali kamu tahu apa masalahnya terlebih dahulu. Untuk mengetahuinya, cobalah jawab pertanyaan berikut:

    • Berapa jam dalam sehari kamu habiskan untuk pekerjaan yang bermanfaat?
    • Apa hal yang banyak membuang waktu dalam aktivitasmu?
    • Seberapa sering kamu memeriksa dan memainkan HP saat bekerja?

    Jika kamu tidak memiliki jawaban yang jelas untuk pertanyaan di atas, kamu harus mulai dengan melacak harimu untuk menghemat waktu.

    Tips Memanajemen sejajarkan tujuan dengan waktu yang dihabiskan

    Ketika kamu harus memprioritaskan tugas, tanyakan pada dirimu, “Manakah dari tugas atau aktivitas ini yang akan membantuku mencapai tujuan jangka panjangku?” Pekerjaan apa pun yang membantumu mengambil satu langkah kecil menuju tujuanmu adalah tugas yang perlu kamu prioritaskan.

    Kamu dapat melakukannya dengan mengetahui mana tujuan yang mendesak dan mana yang penting. Juga, kamu juga harus tahu mana pekerjaan yang bisa dilakukannya sekarang dan mana yang bisa dilakukan nanti.

    Memiliki pengaturan tips memanajemen waktu untuk mengakhiri tugasmu

    Buat catatan tentang waktu maksimum yang akan kamu habiskan untuk tugas penting apa pun yang kamu lakukan. Tanpa garis waktu, setiap tugas membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan dari yang kamu harapkan.

    Sedikit demi sedikit hal itu dapat mendorong pekerjaanmu yang lainnya semakin kama. Ketika kamu mengulangi perilaku yang sama sepanjang hari, tugas terpentingmu tidak akan tersentuh. Sayangnya, tugas yang sering kamu tunda adalah tugas yang penting bagi tujuan jangka panjangmu.

    Miliki rencana mini untuk harimu

    Daftar tugas bertambah seiring waktu karena kita semua memiliki banyak hal untuk diselesaikan dan waktu terbatas untuk menyelesaikannya. Sebuah daftar dimulai dengan singkat, tetapi berakhir dengan puluhan atau ratusan tugas yang menunggu. Semakin lama daftarnya bertambah, semakin kamu merasa ingin menunda-nunda.

    Untuk fokus pada tugas yang tepat, pilih sekitar 5-8 tugas sehari yang paling membutuhkan perhatian. Pastikan setidaknya 3-4 dari tugas tersebut membantu tujuan jangka panjangmu.

    Belajar menolak

    Dunia ini dipenuhi dengan orang-orang yang ingin membagikan pekerjaan mereka kepada orang lain. Jika menerima tugas yang diminta rekan kerjamu akan membebanimu, kamu harus mengatakan tidak.

    Kamu akan merasa canggung untuk menolak tugas yang datang dari orang yang dikenal. Namun, untuk mendapatkan kendali yang efektif atas waktumu, kamu perlu belajar bagaimana mengatakan tidak. Dalam hal waktu dan prioritas, jadilah egois karena waktu yang kamu habiskan tidak akan pernah
    kembali.

    Tips Memanajemen Waktu Untuk Mengoptimalkan Harimu
    ilustrasi atur kalkulator

    Mulailah melakukan semua cara di atas secara keseluruhan. Kamu harus bisa memanajemen waktumu sendiri karena itu jauh lebih penting. Jangan mengabaikannya, terutama jika kamu memiliki tujuan jangka panjang yang terstruktur.

    (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/