• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    7 Tips and Tricks Unik, Ayo Coba!

    ByASD

    Dec 23, 2022
    Potret Tips and Trik Unik (intra62.com/DA)

    INTRA62.COM | JAKARTA — Tips and Trik Unik tidak hanya ada di dunia kuliner atau pertukangan saja. Ada juga tips dan trik yang dipercaya dapat membuat kita merasa lebih baik dan efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

    Beberapa di antaranya mungkin belum terbukti secara ilmiah, tapi tidak ada salahnya dicoba, siapa tahu tips dan trik kesehatan unik ini bisa membantu mengatasi masalah Anda. Ingin tahu? Berikut daftarnya :

    1. Pergi ke toilet di tengah malam dengan satu mata tertutup

    Pergi ke toilet di tengah malam setelah tertidur terkadang dapat merusak tidur Anda. Hal ini dikarenakan setelah bangun tidur tentunya Anda akan menyalakan lampu untuk pergi ke toilet.

    Sementara itu, cahaya terang yang tiba-tiba akan membuat otak berpikir bahwa ini adalah waktu pagi, dan membuat Anda sulit untuk kembali tidur.

    Oleh karena itu, dengan hanya membuka satu mata, Anda meminimalkan jumlah cahaya yang masuk ke retina dan mengirimkan sinyal ke otak Anda. Setelah selesai dengan bisnis pispot, Anda akan dapat tertidur kembali dengan cepat.

    2. Takut pada diri sendiri untuk menghentikan cegukan

    Ketika serangan cegukan terjadi, Anda mungkin merasa seperti tidak akan pernah berhenti, meskipun dalam banyak kasus mereka melakukannya setelah beberapa menit.

    Untuk menghentikan cegukan dalam sekejap, mintalah seseorang untuk tiba-tiba menakuti atau mengejutkan Anda. Tindakan tiba-tiba ini menyebabkan jantung berdetak cepat dan meningkatkan sirkulasi darah. Dan pada saat yang sama mengalihkan perhatian kita dari cegukan.

    3. Tidurlah di kamar yang sejuk

    Tidur di kamar tidur yang sejuk baik untuk kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Ini membantu Anda tertidur dengan cepat dan juga mengurangi kemungkinan diabetes dengan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

    Tidur di ruangan yang sejuk juga meningkatkan sensitivitas insulin, yang menurunkan risiko diabetes tipe 2. Menjaga suhu ruangan antara 16-20 derajat Celcius mendorong tubuh memproduksi hormon melatonin yang selain meningkatkan kualitas tidur, juga merupakan hormon anti penuaan yang ampuh.

    Baca juga: Bus Transjakarta Gratis Pada 25 Desember
    4. Minum kopi untuk tidur siang yang lebih cepat

    Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa orang yang melakukan ‘coffee nap’, yaitu tidur siang selama 20 menit setelah minum 1-2 cangkir kopi, merasa lebih waspada dan melakukan tes komputer lebih baik daripada mereka yang hanya tidur siang tanpa minum kopi.

    5. Batuk untuk menghilangkan rasa sakit dari jarum suntik dokter

    Tidak sedikit orang yang berani dengan tusukan jarum dokter, sekalipun itu penting bagi Anda. Namun ada satu cara mudah untuk meredakan nyeri akibat sengatan jarum, yaitu batuk.

    Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa batuk saat disuntik mengurangi sensasi nyeri. Para ilmuwan tidak yakin mengapa hal ini terjadi, tetapi dikatakan bahwa batuk dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang mengurangi persepsi rasa sakit.

    6. Gosok langit-langit mulut dengan lidah agar tidak pusing saat makan atau minum dingin

    Sakit kepala yang terjadi setelah makan atau minum sesuatu yang sangat dingin sangat umum terjadi. Hal ini terjadi karena saat Anda makan sesuatu yang dingin, otak berusaha untuk tetap hangat dan melakukan perubahan-perubahan tertentu yang terjadi pada tubuh, yang pada akhirnya akan menyebabkan sakit kepala.

    Anda bisa menghilangkan rasa sakit ini dan menghangatkan otak Anda dengan menggosok bagian atas mulut Anda dengan lidah.

    7. Kunyah permen karet untuk meningkatkan daya ingat

    Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Coventry menemukan bahwa mengunyah permen karet rasa mint mengurangi kelelahan dan membuat seseorang lebih sadar akan lingkungannya.

    Dalam studi terpisah, psikolog yang berbasis di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan daya ingat sekitar 35 persen. Jadi lain kali, daripada menyeruput kopi, mungkin coba kunyah permen karet sambil belajar untuk ulangan.

    (team intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *