• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    5 Tips Agar Termotivasi di Kantor Saat Bekerja Sambil Puasa

    ByASD

    Mar 27, 2023
    Ilustrasi seseorang bekerja sambil puasa

    Jakarta, INTRA62.com – Idul Fitri 2023, sebagian besar masyarakat muslim pasti melakukan ibadah puasa. Bagi mereka yang melakukan puasa sambil bekerja, tentu menjadi tantangan tersendiri.

    Kali ini kami kami akan berikan tips agar tetap produktif selama di kantor.

    1. Persiapkan Rencana Harian
    Ilustrasi seseorang saat Bekerja
    Ilustrasi seseorang saat Bekerja (intra62.com/pexels)

    Mempersiapkan diri dengan rencana harian dapat menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Dikarenakan Fokus saat bekerja di kantor selama puasa Ramadham adalah hal utama yang wajib dilakukan.

    Membuat to-do list skala prioritas dapat membantu bekerja lebih efektif. Pekerjaan seperti meeting atau pertemuan penting lainya yang membutuhkan energi lebih banyak, sebaiknya diutamakan agar pekerjaanmu menjadi maksimal.

    2. Jauhi Kerja secara Multitasking
    Ilustrasi Bekerja sambil Multitasking
    Ilustrasi Bekerja sambil Multitasking (intra62.com/pexels)

    Multitasking dapat membuat pikiran merasa terpencar dan stres. Saat bekerja sebisa mungkin hindarilah bekerja secara multitasking saat berpuasa.

    “Ketika kamu melakukan pekerjaan secara multitasking, pikiran akhirnya merasa terpencar dan stres. kamu cenderung membuat kesalahan. Contoh, jika sedang mengerjakan laporan, fokuslah pada laporan tersebut hingga selesai. Jika kamu beralih ke hal lain di tengah-tengah jalan dapat beresiko mengganggu pekerjaan mu,” ujar Dr. Salam Slim Saad.

    3. Kurangi Menggunakan Media Sosial
    Ilustrasi seseorang memainkan Media Sosial
    Ilustrasi seseorang memainkan Media Sosial (intra62.com/pexels)

    Penggunaan media sosial secara sama halnya seperti kerja multitasking dapat membuat fokus terpecah dua. Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan motivasi kerja.

    Untuk dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial, kamu bisa lakukan aktivitas yang tida terlalu mengganggu, seperti halnya membaca artikel atau menonton vlog yang bisa meningkatkan fokus dan kesiap-siagaan.

    Baca juga : Pentingnya Makan Sahur Saat Puasa
    4. Maksimalkan Waktu Istirahat
    Ilustrasi kurang Istirahat (intra62.com/pexels)
    Ilustrasi kurang Istirahat (intra62.com/pexels)

    Memaksimalkan waktu istirahat untuk kembalikan fokusmu. Biasanya, menjelang pertengahan kerja, pikiran lebih mudah terdistraksi.

    “Cobalah beristirahat sejenak, apabila kamu merasa ngantuk atau tak bisa fokus. Mengunakan waktu istirahat dengan berjalan-jalan dapat mengembalikan udara segar sehingga membuatmu siap memulai bekerja kembali. Selain itu kamu dapat gunakan waktumu untuk menenangkan diri dengan tidak melakukan apapun untuk menjernihkan pikiranmu,” dilansir Think Marketing Magazine.

    5. Berolahraga di Waktu Luang
    Ilustrasi Berolahraga
    Ilustrasi Berolahraga (intra62.com/pexels)

    Biasanya kantor-kantor menyediakan fasilitas untuk berolahraga, kamu bisa memanfaatkan hal itu di sela-sela waktu luangmu. Olahraga akan membantu meningkatkan dan mempertahan energi pada tubuh.

    Olahraga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, karena tubuh akan melepaskan endorfin. Hal itu dapat membantumu tetap bugar, fokus serta termotivasi kembali saat bekerja.

    Namun, dikarenakan waktu puasa masih berjalan dan kamu masih harus bekerja lagi, jadi cobalah hindari olahraga yang berat.

    Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap termotivasi saat di kantor selama Puasa Ramadhan. Cobalah praktekan tips di atas agar harimu semakin produktif di tengah ibadah puasa sambil bekerja. Semangat!

    (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *