• Sat. Dec 9th, 2023

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Pentingnya Makan Sahur Saat Puasa

    ByASD

    Mar 24, 2023
    Ilustrasi Makan Sahur sebelum menunaikan Ibadah Puasa (intra62.com/DA)

    INTRA62.com, Jakarta РBulan suci bagi umat Islam yakni Ramadhan adalah saat-saat yang paling ditunggu bagi umat islam dikarenakan banyak sekali keberkahan yang dapat diperoleh. Salah satunya ibadah berpuasa, yang diawali dengan makan sahur hingga saat waktu berbuka  puasa saat matahari terbenam.

    Puasa sendiri adalah menahan lapar dan hawa nafsu selama kurang lebih 12 jam. Umat muslim yang berpuasa hanya punya dua kesempatan makan yakni saat sahur menjelang fajar dan setelah matahari terbenam.

    Baca juga: Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1444 H Jatuh pada Tanggal 23 Maret 2023

    Kunci menjalankan Ibadah Berpuasa yakni tidak melewaktan makan sahur, Makan-makanan yang tepat merupakan hal yang penting agar tubuh selalu bertenaga saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan.

    Apabila anda berpuasa tetapi melewatkan makan sahur, dapat dipastikan tubuh anda akan terasa tidak bertenaga saat berpuasa. Memakan makanan sahur pun tidak boleh asal, karena apabila kamu memakan makanan yang tidak tepat besar kemungkinan kamu malah semakin lapar.

    Jadi apasih makanan yang tepat pada waktu sahur?

    Saat sarapan biasanya orang akan memilih makanan yang tinggi Karbohidrat, seperti Roti Panggang dan Sereal Manis.

    Tetapi, Makanan-makanan seperti itu tidak dianjurkan dimakan saat sahur. Sebab dapat meningkatkan glukosa dalam darah, diikuti gula yang menurun saat gula mulai pecah dan dampak biasanya menyebapkan otak jadi merasa ingin makan lebih banyak.

    Ilustrasi seseorang sedang makan sahur sebelum Puasa (intra62.com/DA)
    Ilustrasi seseorang sedang makan sahur sebelum Puasa (intra62.com/DA)
    Baca juga: Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1444 H Jatuh pada Tanggal 23 Maret 2023

    Maka dari itu, Makanlah makanan yang kaya serat dan protein saat makan sahur, agar tubuh dapat bertenaga walau puasa 12 jam lebih dan keinginan makan juga dapat dicegah.

    Serat adalah senyawa yang dapat membantu pencernaan lebih lambat dan membuat anda merasa kenyang, Berikut ada beberapa menu sahur yang dapat anda pilih saat Makan Sahur.

    • Sayuran
    • Kacang
    • Kacang Polong
    • Jamur
    • Buncis
    • Alpukat
    (DA/Intra62)
    Baca juga Artikel lainya :

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *