• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    5 Tips Memulai Bisnis Walaupun Masih Bekerja

    ByASD

    Mar 2, 2023
    Ilustrasi Tips Memulai Bisnis

    INTRA62.COM | JAKARTA

    Menjadi seorang Pengusaha adalah impian banyak orang. Meski terkadang proses ini tidak selalu mudah, apalagi jika Anda memiliki aktivitas lain seperti bekerja. Ini sering menjadi alasan mengapa orang kehilangan motivasi untuk memulai bisnis.

    Sebenarnya membuka usaha meski disibukkan dengan pekerjaan tetap bisa dilakukan. Namun, Anda perlu menyiapkan hal-hal berikut untuk melakukanya, Simak tips memulai bisnis ini.

    1. Pikirkan Baik-baik Jenis Bisnis

    Persiapan pertama tentunya tentang ide dan jenis usaha. Toh ide bisnis adalah hal yang paling mendasar, maka Anda bisa menyiapkan hal-hal lain untuk menyempurnakannya.

    Piirkan baik-baik tentang ide bisnis yang tepat untuk Anda. Pertimbangkan banyak hal termasuk prospek, modal dan hal-hal lain yang perlu Anda persiapkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

    2. Memanajemen Waktu

    Waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis dan pekerjaan itu sendiri bisa jadi menantang. Selain itu, Anda harus bekerja full time sehingga sulit mencari waktu luang. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa benar-benar membuka usaha karenanya.

    Anda perlu mengatur waktu dengan bijak dengan membagi diri antara bisnis dan pekerjaan. Jika pekerjaannya full time, lakukanlah di waktu senggang atau di akhir pekan.

    Baca juga: Calon Pengusaha Harus Tahu Alasan Kreativitas Sangat Penting di Dunia Bisnis
    3. Alokasikan Keuangan

    Membangun bisnis pasti membutuhkan modal. Besaran modal bisa bervariasi dan disesuaikan dengan jenis dan ukuran usaha Anda. Tak heran jika persiapan modal juga penting.

    Jika Anda memang berniat untuk memulai bisnis, alokasikan keuangan Anda dengan bijak. Termasuk dalam hal ini adalah membagi keuangan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, uang untuk keperluan sehari-hari, bisnis atau lainnya dapat terbagi sesuai ekspektasi.

    4. Mengajak Orang Tepercaya

    Memulai bisnis sendirian bukanlah ide yang baik, apalagi jika Anda masih bekerja. Anda membutuhkan mitra bisnis untuk mengembangkan bisnis Anda, jadi setidaknya temukan seseorang yang benar-benar Anda percayai.

    Jika Anda membuat bisnis dengan orang yang Anda percayai, Anda juga dapat berbagi tugas. Anda tidak bingung dalam menjalankan bisnis dan pekerjaan.

    5. Berkomitmen Bekerja Sekaligus Berbisnis

    Tips memulai Bisnis yang terakhir adalah Komitmen, kunci utama jika ingin sukses dalam usaha dan pekerjaan adalah berkomitmen. Meski terlihat sepele, pada kenyataannya tidak semua orang bisa menjaga komitmen tersebut dengan sepenuh hati.

    Komitmen itulah yang akan membuat Anda menjalankan bisnis dan bekerja keras. Jika Anda melupakan komitmen Anda, semua yang Anda lakukan akan sulit dan melelahkan.

    Potret Seseorang sedang menunjuk
    Potret Seseorang sedang Menunjuk (intra62.com/pexels)

    Ternyata bekerja sambil membangun bisnis itu sangat mungkin. Yang paling penting adalah Anda memiliki rencana yang matang untuk itu.

    (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *