• Sun. Jul 14th, 2024

    3 Tips Berkendara Mobil di Musim Hujan

    ByASD

    Mar 3, 2023
    tips berkendara mobil

    INTRA62.COM | JAKARTA

    Musim hujan masih terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Melakukan aktivitas sehari-hari dengan mobil pribadi menjadi pilihan yang tepat di tengah cuaca ekstrem seperti ini. Namun Anda juga harus memperhatikan tips aman berkendara mobil di musim hujan.

    Perlu diketahui bahwa kegiatan sehari-hari saat musim hujan memerlukan persiapan tersendiri, mulai dari persiapan fisik karena memerlukan konsentrasi yang tinggi, kondisi kendaraan hingga teknik utama berkendara.

    Berikut 3 tips aman dan nyaman saat berkendara mobil saat hujan, dijelaskan Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangannya:

    1. Persiapkan diri
    • Pastikan kesehatan fisik Anda sehat karena ini adalah aspek terpenting dalam aktivitas Anda, terutama saat Anda sedang mengemudi.
    • Siapkan payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki tenda / atap kanopi, agar badan aman dari air hujan saat turun dari mobil.
    • Bawa atau kenakan pakaian hangat saat bepergian dengan mobil. Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa membawa sepatu atau sendal cadangan di dalam mobil.
    Baca juga: 5 Tips Memulai Pekerjaan Lebih Awal, Bisa Meningkatkan Produktivitasmu
    2. Persiapkan kendaraan
    • Periksa kondisi ban, segera ganti jika karet ban sudah tipis. Tapak yang baik dapat mengurangi resiko terapung di air (aquaplaning) dan terpeleset saat hujan.
    • Periksa kondisi karet wiper, part ini sangat penting untuk menyapu air guna menjaga jarak pandang saat berkendara. Periksa secara berkala komponen ini dan ganti dengan baru di bengkel resmi jika kondisinya mudah rusak dan sapuannya kurang bersih.
    • Pastikan semua lampu pada kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat berguna untuk memberikan visibilitas yang baik bagi Anda maupun pengendara lainnya.
    3. Saat Berkendara
    • Menyalakan lampu saat hujan deras, karena jarak pandang ke jalan sering tidak jelas, lampu mobil berfungsi membantu dan memberi isyarat kepada pengendara sepeda motor sekitar.
    • Selalu jaga jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain agar dapat segera bereaksi terhadap gerakan tiba-tiba pengendara lain, terutama untuk menghindari genangan air, bekas roda dan rintangan luar ruangan lainnya.
    • Jangan nyalakan lampu peringatan hazard saat hujan karena dapat mengalihkan perhatian dan mempersulit pengemudi lain untuk melihat, terutama yang di belakang Anda. sensitivitas dapat berkurang saat melambat, berpindah jalur, atau berbelok.
    • Jika harus melintasi jalan banjir, jangan panik, tetap tenang, masuk gigi rendah dan stabilkan putaran mesin (rpm).

    “Kami berharap dengan adanya tips ini para pengendara dapat tetap beraktivitas dengan aman dan nyaman saat hujan. Teman anda juga dapat memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima dengan melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat”, kata Marketing People Development Departement Head Astra Daihatsu Motor (ADM), Ben Faqih.

    (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/