• Fri. Dec 8th, 2023

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Untuk Mudik Lebaran 2023

    ByNA

    Feb 3, 2023

    Jakarta, Intra62.com – Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengungkapkan. Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) siap dioperasikan buat pemudik saat Libur Lebaran 2023.

    Hedy mewanti wanti terkait pergerakan tanah dan kepadatan lalu lintas. Perlu perlakuan khusus saat pembukaan Tol Cisumdawu saat Lebaran nanti.

    “Tol Cisumdawu pada saat mudik Lebaran 2023 secara teknis sudah bisa dilewati kendaraan,” kata Hedy, Jumat (3/2/2023).

    Beroperasinya Tol Cisumdawu maka lalu lintas di Tol Cipularang, bisa berkurang, karena selama ini kendaraan dari Bandung ke Cirebon maupun sebaliknya hanya menggunakan Tol Cipularang.

    Sehingga dapat dipastikan adanya pengurangan beban di jalur tersebut, ujar Hedy, kepadatan akan terjadi di Dawuan yang bertemu dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali), untuk itu perlu adanya rekayasa yang tepat.

    Jalan tersebut juga sangat rawan pergerakan tanah, untuk itu perlu penanganan yang lebih baik lagi, agar bisa dilewati dengan lancar.

    “Volume kendaraan di Tol Cipularang akan berkurang, namun Dawuan Cirebon perlu diwaspadai juga, mengenai kepadatan,” ucapnya.

    Hedy menambahkan dengan adanya Tol Cisumdawu, biasanya akan dipadati oleh masyarakat yang penasaran ingin mencoba jalan tol tersebut. Apalagi nanti dari Bandung ke Cirebon kurang dari dua jam, sehingga kepadatan pasti akan terjadi.

    “Ini pasti akan terjadi peningkatan lalu lintas, apalagi sudah sangat singkat, dan bahkan bisa mengurangi volume kendaraan di Tol Cipali,” jelasnya.

    Tokoh Sunda Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Pengganti Tol Cisumdawu

    Ali Sadikin atau lebih dikenal dengan Bang Ali, lahir di Sumedang, Jawa Barat, pada 7 Juli 1927. Beliau adalah seorang letnan jenderal Korps Komando Angkatan Laut yang diberi mandat oleh Presiden Soekarno pada 1966 untuk menjadi Gubernur Jakarta.

    Tak hanya itu, Ali Sadikin juga berperan penting dalam pengembalian fungsi gedung-gedung bersejarah, seperti Gedung Juang 1945 dan Gedung Sumpah Pemuda.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan aspirasi dari masyarakat Jabar terkait penamaan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau yang dikenal Cisumdawu. Nama tokoh asal Tanah Sunda Ali Sadikin digadang menjadi calon nama tol baru yang menghubungkan Bandung dengan Indramayu itu.

    Pengembalian Fungsi Gedung Bersejarah

    Sementara untuk keseluruhan ruas Tol Cisumdawu sepanjang 62 km itu Emil memastikan akan rampung pada bulan Juni 2022. Ruas tol ini akan tembus langsung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

    (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *