• Sun. Jul 14th, 2024

    Hindari 5 Kebiasaan Merusak Kesehatan Mental

    Byratna

    Dec 19, 2022
    kesehatan mental hindari kebiasaan buruk

    Intra62.com, Jakarta kebiasaan buruk bisa merusak kesehatan mental merupakan musuh individu karena mereka menghalangi menjadi seseorang yang kita inginkan.

    Seiring individu tumbuh dan berkembang, mereka mengadopsi berbagai kebiasaan untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan. Namun, bersamaan dengan meningkatnya jumlah kebiasaan-kebiasaan tersebut, tanpa kita sadari, kita seringkali ikut memasukkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak kesehatan mental, bahkan otak kita.

    Beberapa hal mudah sekali untuk dijadikan sebagai kebiasaan. Namun, masalahnya ketika kita ingin lepas dari kebiasaan tersebut, itu malah seringkali bisa merusak otak lewat berbagai cara.

    Penyakit yang disebabkan pun tidak main-main, seperti demensia dan alzheimer, yang disebabkan oleh hilangnya kemampuan kognitif akibat jaringan otak yang terluka.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk menyadari perilaku-perilaku buruk sehingga bisa menurunkan risiko mengalami kerusakan otak di usia muda. Hal ini secara langsung juga mampu meningkatkan kesehatan mental.

    Salah satu kemampuan paling penting yang bisa membantu menjaga kesehatan mental adalah belajar meninggalkan kebiasaan. Setiap hari kita selalu dibombardir dengan begitu banyak informasi yang membuat kita sulit memahami semuanya dalam satu waktu.

    Oleh karena itu, ketahui kebiasaan apa saja yang berpotensi merusak kesehatan mental, seperti melansir dari Sportskeeda, Rabu (14/12/2022).

    1. Kebiasaan Mengisolasi Diri

    Di tengah keadaan yang membuat kita merasa tertekan, kita sering melarikan diri dari orang di sekitar kita dan melakukan isolasi diri.

    Mudah untuk menjauhkan diri dari orang lain dan keadaan realitas ketika kita merasa tidak bahagia dan dirasuki pikiran-pikiran yang negatif. Namun, melakukan ini terlalu lama juga bisa memunculkan efek negatif, sebab dapat membuat kita merasa lebih tertekan.

    Di sisi lain, isolasi sosial bisa diakibatkan tidak hanya karena kita merasa tidak bahagia. Faktor lain yang memicu isolasi termasuk keterbatasan fisik, penderitaan emosional, social anxiety, dan depresi.

    Menghabiskan waktu sendirian bermanfaat sebagai metode perawatan diri yang memberikan seseorang momen untuk mengisi ulang tenaganya, setelah menghabiskan waktu terlalu lama berada di tengah masyarakat.

    Akan tetapi, terlalu lama melakukan isolasi juga bisa menyebabkan masalah seperti kecanduan zat adiktif, kerusakan kognitif, kurang tidur, dan kematian dini.

    2. Kebiasaan Menunda-nunda

    Menunda sebuah aktivitas bukanlah sesuatu yang ilegal untuk dilakukan. Namun, kita tidak bisa selamanya terus menunda-nunda setiap tindakan dan pekerjaan. Menunda apa yang seharusnya terjadi dapat berdampak pada kesehatan mental. Hal ini bisa menyumbat jadwal dan menimbulkan keadaan yang tidak pasti.

    Menunda-nunda juga menjadi satu hal yang menghalangi seseorang dalam meraih kesuksesan. Jadi, untuk memutus rantai kebiasaan ini kita bisa mencoba untuk menyelesaikan tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan. Menyingkirkan kebiasaan menunda-nunda tidak akan mudah dan memerlukan pelatihan.

    Apa yang bisa kita lakukan adalah berusaha dan berlatih dengan baik untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Kita bisa mulai dengan berhenti mengambil tindakan menghindar untuk menghentikan kebiasaan menunda.

    3. Takut Akan Kesalahan

    Takut akan membuat kesalahan menjadi kebiasaan yang bisa merusak kesehatan mental. Ketakutan ini berasal dari keyakinan diri sendiri bahwa seseorang harus ‘sempurna’.

    Untuk mengatasi hal ini, kita harus mengakui kesalahan ketika terjadi. Coba untuk tidak mengkritik diri sendiri karena melakukan hal-hal yang tidak bisa diubah. Hindari terlalu sibuk dengan pencapaian, sebab kegagalan merupakan sesuatu yang bisa saja terjadi. Apa yang membuat berbeda adalah cara kita menanggapinya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/