• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Wafat

    ByNAS

    Feb 22, 2023
    Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Wafat

    Jakarta, INTRA62.COM Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah telah berpulang ke Rahmatullah guru kita Mama Ajengan KH.R. Amang Muhammad bin Mama KH.Mukhsin Baidlowi, Innalilahi wa Ina ilahi Raji’un.

    Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah yang berada di Kaum Kaler Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. KH R Amang Muhammad, meninggal dunia pada Rabu pagi (22/2/2023). Berdasarkan informasi yang dihimpun, almarhum wafat sekira pukul 07.30 WIB.

    Baca Juga: Sejarah dan Profil Singkat Para Ulama Pendiri NU (Nahdlatul Ulama)

    Ucapan duka mengalir atas wafatnya KH R Amang Muhammad dari sejumlah pihak terutama pondok pesantren di Kota maupun Kabupaten Sukabumi.

    KH R Amang Muhammad merupakan putra KH Mukhsin Baidlowi bin KH Muhammad Hasan Basri bin H Abdillah bin Sumapraja atau lebih dikenal dengan nama Ajengan Bintang. Artinya, KH R Amang Muhammad adalah cucu KH Muhammad Hasan Basri yang wafat pada 1948.

    Mama Ajengan KH.R. Amang Muhammad Adalah Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah

    Foto Mama Ajengan KH.R. Amang Muhammad Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah di Kaum (intra62.com/NA)

    KH Muhammad Hasan Basri diketahui merupakan keturunan kelima dari Dalem Aria Wiaratanudatar, seorang penyebar agama Islam di Kabupaten Cianjur. Adapun KH R Amang Muhammad menjadi sosok yang melanjutkan kajian Tafsir Jalalayn dari sang kakek di Masjid Bintang, Cicurug.

    Baca Juga: Berita Duka, JB Kristiadi Pudjosukanto Meninggal Dunia

    Pengajian yang telah dimulai sejak 1924 setiap hari Kamis tersebut tidak hanya didatangi para kiai dan santri, tetapi para penjual dan pembeli turut meramaikan suasana dan menjadi pusat perekonomian.

    Aktivitas pengajian itu berkembang hingga muncul Pasar Kemisan (Sarkem). Pasar yang hanya aktif hari Kamis ini ternyata menjadi salah satu saksi sejarah Kota Cicurug dan eksis sejak zaman Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Keberadaan Pasar Kamis dan hasil karya ekonomi kreatif para santri Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah ini mencuri perhatian pemerintah pusat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno sempat mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah pada Kamis, 20 Oktober 2022 lalu. (red)

    Baca Artikel lainya:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *