• Fri. Dec 8th, 2023

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Siapa Saja Yang Terlibat Kasus Dugaan Korupsi Penyaluran Bansos di Geledah Tim Penyidik KPK

    ByNA

    May 30, 2023
    Siapa Saja Yang Terlibat Kasus Dugaan Korupsi Penyaluran Bansos di Geledah Tim Penyidik KPK

    Jakarta, Intra62.com – Kediaman tersangka kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos) beras di geledah tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bansos beras untuk program Keluarga Penerima Manfaat (KPM),Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020 s/d 2021 di Kemensos RI. KPK pada Senin 29 Mei 2023, itu dilakukan Penggeledahan.

    Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri diJakarta, Selasa (30/5/2023), mengatakan, “Telah dilakukan penggeledahan tempat tinggal para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka kasus ini, antara lain rumah di Tangerang Selatan serta apartemen di Jakarta Pusat,”

    Baca Juga: KPK Periksa Politikus Nasdem dan Pejabat BUMD DKI,Kasus Korupsi Pengadaan Tanah Pulogebang

    Ia menyatakan, dari penggeledahan didapati barang bukti yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi bansos beras¬†ini. “Barang bukti tersebut nantinya disita untuk menguatkan dugaan perbuatan pidana para tersangka”, ujar Ali Fikri.

    “Hasil pemeriksaan ditemukan beberapa dokumen dan juga bukti elektronik. Akan disita menjadi barang bukti dalam perkara dimaksud,” ujar Ali.

    Selasa 23/5/2023, sebelumnya Tim Penyidik juga menggeledah kantor Kemensos RI. Selama proses pemeriksaan, didapatkan dan diamankan beberapa dokumen dan bukti elektronik yang mempunyai keterkaitan dengan perkara.

    Diketahui, KPK membuka penyelidikan tersangka kasus dugaan korupsi bansos beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020-2021 di Kemensos RI. Penyidikan bermula dari laporan masyarakat.

    Tersangka Kasus Korupsi

    Ali Fikri mengungkap sudah ada tersangka dalam kasus ini, diketahui mantan Direktur Utama PT Transjakarta M Kuncoro Wibowo telah di jerat KPK.

    Berdasarkan keputusan pimpinan KPK, Segala informasi identitas tersangka akan dilakukan saat upaya paksa penangkapan dan penahanan.

    Rabu 15 Maret 2023. Dijelaskannya “Ketika penyidikan ini kami anggap telah tercukupi untuk pengumpulan barang buktinya”, maka “Identitas dari para pihak yang ditentukan sebagai tersangka, kronologi dugaan tindakan pidana sekaligus pasal yang disangkakan akan kami beritahukan pada publik,” terang Ali.

    KPK Cekal 6 Orang

    Kuncoro diketahui mengundurkan diri dari jabatan Dirut PT Transjakarta padahal baru menjabat sekitar dua bulan.

    Kuncoro terdata pernah duduk sebagai Direktur Utama Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistic, staf Ahli IT Kementerian ESDMl, dan Direktur di PT KAI.

    Adapun PT BGR Logistic adalah salah satu anak Perusahaan Perdagangan (Persero), salah satu perusahaan BUMN. diketahui menjadi salah satu perusahaan penyalur bansos Covid-19 PT BGR Logistic.

    Kuncoro juga sudah dicekal KPK ke luar negeri terkait dengan kasus ini. Dia dicekal ke luar negeri selama enam bulan sampai Agustus 2023.

    Pencekalan “WNI (Warga Negara Indonesia) atas nama M Kuncoro Wibowo tercantum dalam daftar pencegahan usulan KPK berlaku 10 Februari 2023 sampai dengan 10 Agustus 2023,” jelas Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (14/3/2023).

    Selain Kuncoro, dalam pemeriksaan kasus ini KPK juga mencekal lima orang lainnya. Yaitu Ketua Tim Penasihat PT Primalayan Teknologi Persada (PTP) Ivo Wongkaren, Direktur Komersial PT BGR Budi Susanto, VP Operation April Chrniawan, Roni Ramdani, Ketua Tim Penasihat PT PTP, GM PT PTP Richard Cahyanto.

    “Benar, sebagai kaitan dari proses dan kepentingan penyidikan, KPK mengajukan tindakan cegah agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri ke Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI terhadap 6 orang yang diduga terkait dengan kasus ini,” terang Ali Fikri, Rabu 15 Maret 2023. (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *