• Thu. Jul 25th, 2024

    Jokowi Mengunjungi Pasar, Cek Harga dan Stok Bahan-bahan Pokok Jelang Lebaran

    Byratna

    Apr 5, 2023
    Jokowi Mengunjungi Pasar, Cek Harga dan Stok Bahan-bahan Pokok Jelang Lebaran

    Jakarta, Intra62.com– Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pasar guna mengecek stok dan harga bahan-bahan pokok, menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 H, di Rawamangun Jakarta Timur dan Pasar Johar Baru Jakarta Pusat. Jokowi mengatakan kunjungannya ini.

    “Ini kan mendekati Lebaran. Saya dan Pak Menteri Perdagangan ingin mengecek yang pertama stoknya. Kemudian yang kedua harganya,” ujar Jokowi di Pasar Johar Baru Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

    Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Bakal Buka Layanan Pengaduan THR Jelang Idul Fitri

    Menurutnya, pasokan kebutuhan pokok saat ini tercukupi. Sementara sejumlah harga bahan pangan seperti, telur ayam, daging ayam, beras, hingga bawang mengalami penurunan.

    “Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun. Telur turun, ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, bawang juga turun,” katanya.

    Usai Jokowi Mengunjungi Pasar, mengatakan hanya ada kenaikan di harga daging, namun tak signifikan. Kendati begitu, ia menilai penurunan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran Idul Fitri 2023 cukup bagus karena akan memperkuat daya beli masyarakat.

    “Yang naik hanya daging naik sedikit. Saya kira ini baik sesuai dengan pantauan BPS kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus dalam posisi mau lebaran tapi harga-harga turun,” ucapnya.

    “Tapi yang jelas harga banyak yang turun sehingga akan memperkuat daya beli masyarakat,” sambung Jokowi.

    Ada Kenaikan Komoditas Pangan

    Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemukan ada kenaikan harga sejumlah komoditas bahan pangan saat mengunjungi Pasar Rawamangun, Jakarta Timur. Ia meminta kenaikan harga pangan yang terjadi perlu dijaga dan tidak berlebihan.

    Mendag Zulkifli Hasan menekankan, kenaikan harga di bulan Ramadhan ini merupakan hal yang biasa. Pasalnya ada peningkatan permintaan dari masyarakat.

    “Sekali lagi kita minta jangan berlebihan, kalau berlebihan sampai stok bahan pokok ditimbun, harga seenak-enaknya, hati-hati kita ada Satgas,” jelasnya usai meninjau Pasar Rawamangun, Jakarta Timur.

    Zulkifli meminta para pedagang untuk mengikuti harga acuan yang sudah diterbitkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). Termasuk harga beras medium Bulog yang dipatok Rp 9.450 per kilogram, serta harga minyak goreng kemasan sederhana, Minyakita Rp 14.000 per liter.

    Jokowi Mengunjungi Pasar, Kenaikan Harga Telur Menurut Mendag Zulkifli Hasan

    Mendag Zulkifli Hasan menemukan ada kenaikan harga sejumlah komoditas pangan seperti telur saat mengunjungi Pasar Rawamangun, Jakarta Timur. Dia meminta kenaikan harga yang terjadi perlu dijaga dan tidak berlebihan.

    Menurut pantauan Zulkifli, ada kenaikan harga di telur ayam yang dijual Rp 29.000-30.000 per kilogram. Padahal, biasanya telur ayam dijual dengan kisaran harga Rp 27.000-28.000 per kilogram.

    “Karena bulan puasa telor ini kan, ayam biasa bertelur sehari 1, sekarang permintaan banyak, naik dikit, Rp 29.000 biasanya Rp 27.000-28.000, ya oke, 5 persen (kenaikannya) masih oke,” tegas Mendag Zulkifli Hasan.

    “Kalau berlebihan kita cek, ada satgas, kalau ketahuan bisa disita barangnya,” pungkasnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/