• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    NU 1 Abad Jokowi Hadiri Puncak Perayaan

    ByNAS

    Feb 7, 2023

    Jakarta, Intra62.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin menghadiri resepsi puncak satu abad Nahdlatul Ulama (NU) Sejumlah pejabat negara, mulai dari menteri hingga mantan presiden serta wakil presiden juga tampak hadir dalam acara tersebut.

    Terlihat kehadiran Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, istri Presiden RI ke-4 , Shinta Nuriyah A.W. Di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Selasa (7/2/2023).

    Baca Juga: Presiden Jokowi Bangga Indonesia Menang 2 Gelar Masters 2023

    Kemudian, hadir juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

    Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Ma’ruf Amin dan Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf melakukan pemukulan bedug digital yang menandai resepsi puncak satu abad NU resmi dimulai.

    Jokowi menyampaikan terima kasih kepada NU yang telah memberikan warna yang luar biasa untuk Indonesia selama satu abad ini. NU dinilai berperan dalam keislaman dan ke-Indonesiaan, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta kerukunan dalam keberagaman.

    Puncak Perayaan 1 Abad NU, Massa Banjiri Area Stadion Delta Sidoarjo Sejak Dinihari

    Potret acara resepsi puncak 1 abad NU
    Potret acara resepsi puncak 1 abad NU (intra62.com/NA)

    Stadion Gelora Delta Sidoarjo menjadi lokasi puncak 1 abad NU mulai dibanjiri massa sejak Senin malam hingga Selasa dini hari.

    Masuk pukul 03.00 WIB, ruas jalan di sekitaran Stadion Gelora Delta Sidoarjo telah dipadati massa yang datang dari berbagai daerah. Mereka mengikuti rangkaian acara ritual ibadah yang dimulai sejak pukul 00.00 WIB.

    Peserta acara Resepsi 1 Abad NU pun melakukan aktivitas beragam. Mulai dari salat, bersalawat, bahkan beristirahat mulai dari trotoar hingga tengah jalan.

    Diketahui, Presiden Jokowi telah tiba di Sidoarjo sejak Senin, 6 Februari 2023 demi menghadiri Puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama.

    Rangkaian acara pun dimulai pada Senin, 6 Februari 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur. Pembukaan Mukhtamar Internasional Fiqih Peradaban akan dihadiri oleh Ma’ruf Amin, Gubernur Jawa Timur Khofifah I.P, serta Ketua Umum PBNU Yahya C.T.

    Topik yang akan dibahas soal perdamaian, penanganan konflik, fondasi struktur politik dari sudut pandang syariah, status dan fungsi PBB lewat kaca mata syariah yang mengikat umat Islam.

    Guru Besar Ilmu Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie menyampaikan bahwa fiqih peradaban yang digagas PBNU mendudukkan hukum Islam untuk kemanusiaan.

    Perubahan Dinamis

    Perubahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang cukup dinamis perlu diikuti dengan cara baca baru dalam melihat berbagai teks sumber hukum Islam.

    “Dibutuhkan cara baca untuk mendekatkan disparitas antara teks-teks suci dengan realitas peradaban yang cukup dinamis ini,” ujarnya.

    Tholabi mengatakan sejumlah langkah, pertama yakni menggali teks klasik peninggalan para pemikir Islam terdahulu. Untuk didiskusikan dengan realitas masa kini, agar mendapatkan titik temu dan menemukan perbedaannya.

    Respons Positif

    Penyelenggaraan Mukhtamar Internasional Fiqih Peradaban yang digagas PBNU mendapat respon positif dari kalangan cendikiawan muslim. Khususnya di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam Indonesia. Upaya kolaboratif kalangan ulama di pesantren dan sarjana di perguruan tinggi harus dirintis untuk memperluas pikiran konstruktif demi kemaslahatan umat.

    Tholabi berharap pelaksanaan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban 1 Abad NU melibatkan sejumlah ulama dunia. Seperti, dari Kairo Mesir serta ratusan cendikiawan lainnya, berjalan dengan lancar dan menghasilkan banyak pikiran besar bagi kemajuan fiqih peradaban.

    (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *