• Sun. May 19th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Di Jakarta

    ByNAS

    Feb 9, 2023

    Jakarta, Intra62.com – Hujan Lebat disertai angin kencang melanda wilayah DKI Jakarta. Akibatnya, ada tiga pohon tumbang terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Di Jakarta Pusat pohon tumbang di Jalan Cut Meutia, Kebon Sirih, Menteng.

    Sementara itu, di Jakarta Selatan terjadi di Jalan Bangka VIII, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Dan di Jalan Taman Lebak Lubus II RT 001, RW 02 Lebak Bulus, Cilandak.

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan bahwa pohon tumbang terjadi pada pukul 11.30 WIB. Kamis (9/2/2023).

    “Pohon tumbang di Cut Meutia sedang dalam penanganan petugas gabungan BPBD, Distamhut, Disgulkarmat, dan PPU Keluhan,” ucap dia.

    Baik di Jakarta Pusat maupun di Jakarta Selatan masing-masing satu unit kabel listrik terdampak pohon tumbang. Sementara itu, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

    Hujan dengan intensitas ringan pagi hari sudah diprakirakan turun di Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu, sisanya berawan.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Melaporkan cuaca hujan ringan diprediksi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari nanti, sedangkan sisanya berawan.

    Lalu malam hari nanti, seluruh langit Ibu Kota Jakarta diperkirakan berawan.

    “Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari,” ujar BMKG.

    Sementara wilayah penyangga Ibu Kota yaitu Bekasi, Jawa Barat, pagi hingga siang hari ini diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan, namun malamnya cerah berawan.

    Di Depok, Jawa Barat, pagi dan malam hari nanti diprakirakan cerah berawan, tetapi diguyur hujan berintensitas ringan siangnya. Di Kota Bogor, Jawa Barat, pagi ini dan malam nanti juga diprediksi cerah berawan, namun waspada hujan petir di siang hari.

    Berbeda dengan Kota Tangerang, Banten sepanjang hari ini diprediksi berawan.

    Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, BMKG Waspada Cuaca Ekstrem

    Potret pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang
    Potret pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang (intra62.com/N.A)

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menerangkan cuaca ekstrem akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia selama sepekan ke depan.

    Potensi cuaca ekstrem ini terjadi karena kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

    “Kemunculan 3 bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis”. Ungkap Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring BMKG di Jakarta, Minggu (5/2/ 2023).

    Tiga bibit siklon tropis tersebut masing-masing Bibit Siklon Tropis 94S, Bibit Siklon Tropis 95S, dan Bibit Siklon Tropis 97S.

    Dwikorita mengatakan Bibit Siklon Tropis 94S terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb.

    Bibit Siklon Tropis 95S terpantau berada di Samudra Hindia sebelah Selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb.

    Sistem tersebut bergerak ke arah Barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah.

    Imbauan BMKG

    Sementara Bibit Siklon Tropis 97S terpantau berada di Samudra Hindia Selatan NTB dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb.

    “Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah,” kata Dwikorita.

    BMKG mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem berupa hujan deras yang disertai angin kencang.

    (red)

    Baca Juga: Cuaca ekstrem di Jawa Tengah (BMKG) Mengimbau Warga Untuk Waspada

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/