• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Cuaca ekstrem di Jawa Tengah (BMKG) Mengimbau Warga Untuk Waspada

    ByNAS

    Jan 10, 2023
    Cuaca Extrem

    Cilacap, Intra62.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberitahukan cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di bagian wilayah Jawa Tengah..

    Kondisi ekstrem juga diprakirakan meliputi bagian wilayah Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, , Brebes, Pemalang, Batang, Kendal, Blora, Pati, Kudus, Grobogan, Boyolali, Sragen, Karanganyar.

    Baca Juga : Analisis BMKG Terkait Gempa 4,9 Mengguncang Pangandaran

    Pada 10 Januari, menurut prakiraan BMKG,  ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten dan Kota Magelang, Kabupaten dan Kota Tegal, Kabupaten dan Kota Pekalongan, Kabupaten dan Kota Semarang, serta Kabupaten Brebes, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Pemalang, Batang, Kendal, Rembang, Blora, Pati, Kudus, dan sekitarnya.

    Pasalnya, cuaca ekstrem ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

    Bagian wilayah Kabupaten Tegal, Pekalongan, Batang, Kendal, dan sekitarnya juga diprakirakan menghadapi potensi cuaca ekstrem pada 11 Januari.

    Cuaca ekstrem dapat dipicu oleh beberapa faktor, termasuk dinamika atmosfer serta suhu muka laut yang relatif hangat dengan nilai anomali 0,5 hingga 2,5 derajat Celsius di Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air.

    Hidrometeorologi mengimbau warga waspada karena kondisi cuaca ekstrem dapat memicu bencana berupa banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.(red)

    Baca Juga : Gempa Bumi Mengguncang Maluku Pada Tengah Malam

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *