• Sun. May 19th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Cuaca Ekstrem, Kab Magetan Diterjang Longsor

    ByNAS

    Feb 13, 2023

    Jakarta, Intra62.com – Cuaca Ekstrem di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, akibatnya terjadi bencana alam tanah longsor. Bencana alam itu dipicu hujan seharian.

    Seperti yang berlangsung sehari sebelumnya, Sabtu (11/2/2023), bencana hidrometeorologi susulan kali ini juga terjadi di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol.

    Kecuali di desa tersebut, tanah longsor di wilayah itu bergerak melebar ke desa tetangganya, yaitu Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Di desa ini material longsor menimpa sebuah rumah warga, dan sempat merusak satu unit sepeda motor.

    “Sebuah sepeda motor rusak ringan. Itu masih saudara saya. Disini hujan terus bahkan sampai malam ini. Kerja bakti dilakukan besok, Mas,” ujar Simun, Sekretaris Desa Genilangit. Minggu (12/2/2023).

    Cuaca Ekstrem Mengakibatkan Longsor

    Potret longsor karena Cuaca Ekstrem di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur
    Potret longsor di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur (intra62.com/N.A)

    Sementara tanah longsor yang terjadi di Desa Gonggang berlangsung di empat titik. Material berupa bebatuan, batang pohon dan tanah lumpur itu runtuh dari bukit dengan ketinggian variatif antara 5 sampai 20 meter.

    Kepala Desa Gonggang, Agus Susanto, membenarkan wilayahnya kembali terjadi longsor susulan. Diantara empat titik longsor di Desa Gonggang itu, yang terparah berada di Dukuh Dagung. Di lokasi itu, talud jalan lingkar berdimensi panjang 25 meter dengan ketinggian 20 meter ambrol.

    Material longsor yang menggunung itu menutup separuh badan jalan desa, hingga diperlukan pemasangan rambu peringatan darurat.

    “Iya, di wilayah kami ada empat titik longsor. Menimpa rumah warga dan menutup jalan. Tidak ada korban jiwa. Kerja bakti dilakukan besok, sebab sudah gelap dan kondisi hujan,” kata Agus Susanto.

    Dilanjutkannya, kecuali talud, sebuah tebing setinggi 5 meter di belakang rumah Martono, 80 tahun, juga longsor. Akibatnya sisi belakang rumah Martono hancur, bahkan sisi tembok mengalami keretakan.

    Bongkahan material juga runtuh dari tebing setinggi 7 meter dengan panjang 15 meter. Tebing itu berada di belakang rumah Sugiman, 55 tahun, dan menimpa rumah yang didiami Sumarno, 38 tahun.

    Sementara sumber di Pusdalops BPBD Kabupaten Magetan menerangkan, pihaknya telah mengirim personel tim reaksi cepat ke lokasi kejadian.

    “Iya benar ada laporan masuk, terjadi longsor di desa itu. Personel sudah berangkat kesana untuk melakukan pengecekan,” ucap Operator Pusdalops BPBD Kabupaten Magetan.

    Dikatakannya, BPBD setempat melakukan pendataan di lapangan dan memberikan bantuan berupa terpal dan karung. Bantuan itu sebagai antisipasi longsor susulan, lantaran hingga kini cuaca terus hujan.

    Kecuali BPBD, tim relawan kebencanaan yang sudah standby di lokasi longsor yakni Tagana, PMI, TNI, Polri, relawan dan masyarakat setempat. Direncanakan mereka akan bekerja bakti keesokan harinya. (red)

    Baca Juga: Cuaca ekstrem di Jawa Tengah (BMKG) Mengimbau Warga Untuk Waspada

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/