• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    3 Cara Mudah Membuat Knalpot Free Flow Motor Bersuara Halus

    ByASD

    Feb 8, 2023
    potret motor dengan Knalpot Free Flow

    INTRA62.COM | JAKARTA

    Knalpot free flow atau knalpot plong adalah alternatif yang di gunakan untuk meningkatkan tenaga sepeda motor, namun efek yang di timbulkan biasanya membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan suara bising yang keluar. Sejatinya pemerintah telah melarang penggunaan knalpot jenis itu.

    Melalui Pasal 58 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, Pemerintah melarang penggunaan perlengkapan kendaraan, khususnya sepeda motor yang mengganggu dan membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya. Perlengkapan yang dimaksud, termasuk knalpot sepeda motor yang bising.

    Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan knalpot free flow namun suaranya tidak berisik? Sebenarnya cukup gampang, Ada tiga cara yang bisa dilakukan yaitu mulai dari bobok knalpot, ganti leher, dan pemasangan tutup di moncong knalpot yang tepat dan baik.

    Baca juga: Cara Membuat Lampu Otomatis Sensor Cahaya

    Berikut 3 langkah mudah untuk membuat knalpot free flow bersuara halus.

    1. Hilangkan sekat dengan cermat

    Langkah pertama adalah menghilangkan sekat saringan di dalam silencer atau biasa disebut membobok silencer dengan membelah bagian tersebut. Tujuannya agar aliran gas sisa hasil pembakaran bahan bakar.

    Namun, satu hal yang perlu diingat silencer yang dibelah dan sekatnya diambil harus dikembalikan seperti kondisi semula dengan cermat.

    2. Ganti leher knalpot

    Setelah membuang sekat-sekat di dalam silencer, langkah selanjutnya adalah mengganti leher knalpot dengan pipa leher yang berdiameter lebih besar.

    Pipa leher jenis pertama yaitu yang berada dan terhubung dengan blok mesin dipilih pipa dengan diameter yang lebih besar dibanding leher standar bawaan dari pabrik.

    Pipa jenis kedua adalah yang terhubung dengan silencer digunakan pipa yang lebih besar ketimbang pipa yang tersambung ke mesin.

    3. Gunakan tutup moncong knalpot

    Langkah selanjutnya adalah membuat tutup di bagian moncong knalpot. Namun, yang perlu diingat tutup tersebut tidak tertutup rapat tetapi masih menyisakan lubang di bagian tengahnya.

    Umumnya para modifikator knalpot membuat tutup tersebut dengan berbagai variasi bentuk.

    Ada yang mirip seperti wajan dan di tengahnya berlubang. Namun, tidak sedikit di antara mereka yang membuat tutup tersebut berupa susunan pipa dengan ukuran diameter yang berbeda.

    Ilustrasi rancangan membuat Knalpot free flow
    Ilustrasi rancangan membuat Knalpot free flow (intra62.com/AJ)

    Dengan pengerjaan yang benar, suara yang keluar dari knalpot free flow itu tidak menggelegar bak petir tetapi lebih ngebas.

    Besarannya bervariasi tergantung jenis dan ukuran pipa yang digunakan. Namun, standar rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar Rp 300 – 400 ribu.

    Author : Ade Januar | Editor : Dwi Ahmad

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *