• Sun. Jul 14th, 2024

    Wacana Duet Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024

    Byratna

    Mar 14, 2023
    Wacana Duet Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024

    Jakarta, Intra62.com – Wacana duet  Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo mencuat hingga ramai diperbincangkan publik setelah keduanya menunjukkan keakrabannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah.

    Keakraban itu terjadi saat Jokowi meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Ketiganya bahkan sempat melakukan swafoto bersama dengan para petani di areal persawahan.

    Namun sesekali mereka juga nampak terlihat berbicara serius. Momen tersebut, lantas kemudian memantik berbagai tafsir soal kedekatan antara Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo. Tak sedikit yang beranggapan bahwa hal itu juga berkaitan dengan proses politik untuk menuju Pemilu 2024 mendatang.

    Baca Juga: Prabowo Kepada Pejabat Kemhan : Komando Teritorial Harus Dibangun dan Diberdayakan

    Potret Momen akrab Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau panen raya di ladang sawah Ambal, Kabupaten Kebumen. (intra62.com/NA)

    Peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar berpandangan bahwa momentum keakraban antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersama Presiden Jokowi menjadi pertanda untuk Pemilu 2024. Menurut Usep, momentum tersebut bisa dibaca sebagai kode keras Jokowi untuk menyandingkan Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo untuk menjadi pasangan pada Pilpres 2024 mendatang.

    Kata Usep, juga dapat dimaknai sebagai sinyal antisipasi atau kode Jokowi bahwa Ganjar apabila tidak dicalonkan oleh PDIP, bisa dipasangkan dengan Prabowo sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres). Terkait komposisi keduanya, Usep menilai baik Prabowo maupun Ganjar untuk menjadi Calon Presiden (Capres) maupun Calon Wakil Presiden (Cawapres) jika diduetkan. Hal itu tergantung bagaimana sikap partai masing-masing khususnya sikap PDIP terhadap Ganjar sendiri.

    Usep mengatakan, tidak menutup kemungkinan juga bahwa Prabowo bisa menjadi Cawapres dari Ganjar. Mengingat, dalam praktiknya Prabowo sendiri memiliki pengalaman sebagai Cawapres Megawati di masa lampau, pun juga menjadi menteri di Kabinet Jokowi saat ini.

    Apa Benar Prabowo Subianto Capres Harga Mati

    Partai Gerindra buka suara terkait wacana duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, Gerindra mengungkapkan membuka peluang untuk Ganjar Pranowo bergabung. Akan tetapi syaratnya, Ganjar harus menjadi calon wakil presiden, karena jatah calon presiden hanya untuk Prabowo Subianto.

    Mengenai hal ini, Direktur Eksekutif IndoStrategic, Ahmad Khoirul Umam mengatakan pernyataan Gerindra itu menunjukkan bahwa posisi Prabowo sebagai Capres merupakan harga mati dalam negosiasi koalisi bersama Gerindra.

    Umam menilai wacana duet Prabowo dan Ganjar sejatinya memiliki daya tawar yang kuat. Mengingat, elektabilitas keduanya selalu bertengger di papan atas survei Capres 2024. Kata Umam, yang perlu dipikirkan saat ini adalah bagaimana skema koalisi partai jika keduanya dipasangkan. Apakah Ganjar diajukan sebagai representasi PDIP ataukah Ganjar akan keluar dari PDIP untuk selanjutnya maju lewat gerbong KIB.

    Prabowo-Ganjar ini, lanjut Umam, juga bisa menjadi titik temu kekuatan antara KIB, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dan PDIP sendiri. Namun, tantangan selanjutnya, akankah PDIP memberikan Golden Ticket-nya kepada Ganjar untuk bersanding dengan Prabowo.

    Terkait manuver cepat Cak Imin yang menggelar pertemuan langsung dengan Prabowo, Umam menilai, hal itu tampaknya ada kaitan dengan manuver Prabowo-Ganjar.

    Prabowo Bisa Jadi Cawapres?

    Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin berpandangan tak mungkin terjadi pasangan Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto di Pemilu 2024. Menurutnya, Prabowo Capres adalah harga mati Gerindra.

    Ujang menyatakan, hingga hari ini wacana duet keduanya masih belum pasti, Mengingat Ganjar adalah kader PDIP yang harus mendapatkan dukungan dan restu Megawati. Demikian, Pengamat Politik Universita Al Azhar Indonesia (UAI) ini menilai duet Prabowo Subianto dan Ganjar merupakan pasangan idel. Terlebih keduanya merupakan sosok tokoh yang saat ini masih bertengger di papan atas survei elektabilitas Capres.

    Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan upaya menduetkan Ganjar dan Prabowo bisa saja terjadi, namun lebih baik mengesampingkan senioritas.

    Kondisi serupa juga terjadi saat, kata Adi, dalam beberapa survei Ganjar Pranowo lebih unggul dari Prabowo. Sehingga partai pendukung pasti melihat elektabilitas yang tertinggi untuk memilih calon presiden.

    Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo menegaskan, Prabowo tidak mungkin menjadi calon wakil presiden, sebab dibandingkan Ganjar, Prabowo jauh lebih senior dan berpengalaman.

    Hashim mengaku kesempatan Ganjar menjadi calon wakil presiden terbuka lebar, namun tetap harus dengan persetujuan PKB.

    Respons PDIP Terkait Wacana Duet Prabowo dan Ganjar

    Kata Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pihaknya belum menentukan calon presiden untuk Pilpres 2024. Hal ini disampaikan untuk menjawab pertanyaan tentang duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

    Sekjen PDIP Hasto Kristyanto mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri lah yang akan menentukan calon presiden yang akan diusung. Kewenangan Megawati menentukan calon presiden dan calon wakil presiden sudah berjalan selama ini.

    Hasto mencontohkan ketika Megawati memiliki Joko Widodo di Pilpres 2014 dan 2019. Hasto menjelaskan, PDIP terbuka jika ingin bekerjasama dengan parpol lain termasuk Gerindra. Tapi syaratnya calon presiden harus kader partai banteng.(red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/