• Sun. Jul 14th, 2024

    Peresmian Polda Papua Baru

    ByASD

    Jan 9, 2023
    Potret Acara Peresmian Polda Papua Baru (intra62.com/DA)

    Papua, INTRA62.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, beserta seluruh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Udara meresmikan gedung baru Polda Papua, Minggu, 8 Januari 2023.

    Ini luar biasa di tempat lain tidak ada. Jadi ini kado untuk seluruh anggota dan masyarakat Papua tentunya kado natal dan tahun baru,” kata Sigit dalam sambutannya.

    Sigit menegaskan, dengan pelantikan bersama Panglima dan Kepala Staf, terwujud sinergi TNI dan Polri yang berjalan optimal dan baik dari hari ke hari.

    Karena itu, Sigit menginstruksikan Kapolda Papua untuk menerapkan sinergi dan soliditas TNI-Polri bagi seluruh personel.

    Baca juga: Pelantikan Camara De Comercio E Industria De Timor-Leste, Turut Dihadiri Kadin Indonesia Dan NTT

    Dengan sinergi dan soliditas TNI-Polri yang kuat, menurut Sigit, masyarakat akan merasa nyaman dan aman. Juga, terpeliharanya stabilitas politik dan keamanan yang berjalan dengan baik sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan investasi.

    “Semua dalam kondisi solid mengawal dan menjaga apa yang menjadi program kebijakan pusat dan daerah. Terus tingkatkan kualitas, soliditas dan sinergitas TNI-Polri untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan untuk menjaga keamanan dan juga menjadikan seluruh masyarakat aman dan nyaman,” ujar Sigit.

    Di sisi lain, kata Sigit, dengan dibangunnya Gedung Polda Papua di lokasi baru, program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga bisa diwujudkan dengan mendorong pembangunan infrastruktur, khususnya di Indonesia Timur.

    “Kami berharap sejalan dengan apa yang menjadi kebijakan Presiden. Bahwa tanah Papua harus maju seperti daerah lain, di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Saya ulangi apa yang dikatakan Presiden. Karena itu itu, saya selalu mendorong pembangunan infrastruktur khususnya di kawasan timur Indonesia dipercepat dan tentunya nanti paralel dengan pembangunan SDM yang juga ingin kita garap,” kata Sigit.

    Mengingat, kata Sigit, Presiden Jokowi terus berkonsentrasi menggenjot perekonomian dan pembangunan di tanah Papua. Salah satu contoh suksesnya adalah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua.

    Baca juga: Pelantikan Camara De Comercio E Industria De Timor-Leste, Turut Dihadiri Kadin Indonesia Dan NTT

    “Kami sampaikan juga Pak Presiden, Pemerintah Pusat terus menggenjot program terkait tanah Papua. Beberapa waktu lalu sejak dilantik menjadi Presiden, sudah berapa kali beliau melakukan kunjungan untuk membangun daerah Papua. Dan di tengah-tengah dari kesulitan yang ada saat itu, Indonesia bisa menyelenggarakan PON dan dilaksanakan di Papua,” ujar Sigit.

    “Jadi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus memberikan perhatian penuh kepada masyarakat dan tanah Papua,” tambah Sigit.

    Pada tahun 2023, kata Sigit, pemerintah akan tetap melaksanakan program-program prioritas dan proyek-proyek besar di wilayah Papua. Terkait hal tersebut, Sigit menekankan perlunya sinergi antara TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat.

    Program prioritas tersebut antara lain pengembangan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan, dan infrastruktur untuk kawasan pertanian. Sedangkan Proyek Utama meliputi pembangunan bandara, penugasan khusus tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat.

    Baca juga: Pelantikan Camara De Comercio E Industria De Timor-Leste, Turut Dihadiri Kadin Indonesia Dan NTT

    “Ini bagian dari upaya yang terus digalakkan Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sentris. Dan salah satu hal yang menjadi Indonesia sentris adalah bagaimana memberikan kontribusi untuk wilayah Papua. Dan ini merupakan komitmen bersama yang namanya pembangunan harus terus berkembang. Saya melihat ada pengembangan dan rencana industri hilir yang juga akan dilakukan di wilayah Papua, tentunya hal ini akan membuka lapangan kerja baru dan akan ada transfer of knowledge di dalamnya untuk terus meningkat selain pendidikan tentunya kesejahteraan , “kata Sigit.

    Sigit memastikan TNI-Polri akan terus mendukung dan mengawal kebijakan Presiden Jokowi di Papua, untuk mewujudkan sila kelima Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

    Sementara itu, Sigit menyampaikan pesan kepada Kapolda Papua untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan Polri pasca berdirinya Gedung Polda Papua yang baru. Menurutnya, pelayanan harus benar-benar dirasakan masyarakat dengan rasa nyaman.

    “Rasanya banget supaya masyarakat kemudian merasa nyaman dengan adanya sarana dan prasarana yang lebih baik dan tentunya kualitas pelayanannya juga jauh lebih baik. Saya percayakan kepada seluruh jajaran Polda Papua untuk meningkatkan kualitas pelayanannya terutama bagi masyarakat yang membutuhkan jasa kepolisian,” ujar Sigit.

    “Merupakan kewajiban juga bagi rekan-rekan untuk membuktikan bahwa jabatan publik bukan sekedar pekerjaan tetapi bagaimana rekan-rekan kemudian dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan masyarakat dapat merasakan pelayanan tersebut, itu yang utama,” tutup sigit.

    (red/intra62)

    Baca Artikel lainya:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/