• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo, 8 Jenderal Pori Siap Untuk Pimpin Satgas

    ByASD

    May 5, 2023

    Jakarta, INTRA62.com – Demi mensukseskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Komjen Fadil Imran selaku Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) mengatakan terdapat delapan satuan tugas (satgas) yang akan bekerja serta mengamankan event tersebut.

    Masing-masing satgas nantinya akan dipimpin oleh Brigadir Jenderal (Brigjen) Polri atau Jenderal bintang 1.

    Dalam Keterangannya pada hari Rabu, (3/5/23), Delapan satgas tersebut adalah Satgas Preemtif, Walrolakir, Preventif, Tindak, Gakkum, Anti Teror, Humas, dan Banops.

    Baca juga: Kapolri Bersama Jajarannya Tegaskan Siap Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

    Fadil mengatakan, Satgas Preemtif nantinya akan dipimpin oleh Dirkamsus Baintelkam, Satgas Walrolakir oleh Dirgakkum Korlantas, Satgas Preventif oleh Dirsabhara Baharkam Polri.

    Selanjutnya, Satgas Tindak dipimpin olek Danpas II Korbrimob, Satgas Gakkum oleh Dirsiber Bareskim, Satgas Anti Teror oleh Dirtindak Densus 88 Antiteror, Satgas Humas oleh Karo Penmas Divisi Humas, dan Satgas Banops oleh Karo Tekkom Divisi TIK Polri.

    Dalam pengecekan lansung, Fadil menyebut akan ada 2 tahapan pengamanan, yakni side event dan main event, yang akan dilaksanakan pada 6-13 Mei 2023.

    Poret wawancara Satgas jelang KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo
    Poret wawancara Satgas jelang KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo

    Satgas Operasi Pengamanan tahapan pertama ialah Latihan Pra Operasi.

    Latihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masing-masing satgas terkait tugas, fungsi, peran dari masing-masing unsur.

    Dikutip dari kompas.com, “Tentunya nanti masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center di mana di command center tersebut berkantor Kaposko dan Kaminops yang akan mengendalikan dan mengatur mengkoordinasikan keterpaduan pengamanan yang dilaksanakan oleh jajaran Polri,” jelasnya.

    Informasi, KTT ke-42 ASEAN ini akan digelar pada 9-11 Mei 2023. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *