• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Kapolri Bersama Jajarannya Tegaskan Siap Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

    ByASD

    May 5, 2023

    Jakarta, INTRA62.com – Jelang event internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tinjau langsung kesiapan pengamanan pelaksanaan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Dalam kesempatannya, kapolri juga mengecek langsung posko 91 Command Center atau pusat kendali operasi dari seluruh rangkain pengamanan KTT ASEAN.

    Setelah mengecek, Sigit juga memastikan para jajaran polri siap untuk mengamankan rangkaian kegiatan pada event internasional ASEAN Summit.

    Kepolisisan juga akan melakukan penjagaan serta pengawasan mudai dari kedatangan, perjalanan sampai dengan lokasi utama kegiatan tersebut.

    Menurut Sigit, petugas nantinya juga akan terawasi dan dapat secara langsung mengkoordinasikan serta melaporkan situasi dan konsisi melalui Command Center.

    Di Command Center juga sudah disiapkan fasilitas yang dapat mendeteksi identitas, baik tamu, delegasi maupun masyarakat sekitar.

    Dikutip dari liputan6.com Sigit mengatakan “Kemudian, kita cek juga tadi satu per satu terkait fasilitas yang ada. Mulai bagaimana Command Center bisa mendeteksi masyarakat yang datang, baik tamu asing ataupun masyarakat lokal, identitasnya. Kemudian juga kita pasang data-data orang yang harus diawasi, yang ada di catatan kepolisian. Tentunya itu juga menjadi bagian yang kita pastikan semuanya bisa berjalan,”.

    Potret Kapolri bersama jajarannya meinjau langsung persiapan keamanan Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo
    Potret Kapolri bersama jajarannya meinjau langsung persiapan keamanan Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo (twitter)

    Sigit juga mengatakan, dikarenakan lokasinya dekat pantai pihak kepolisian akan melakukan pengawasan kepada kapal-kapal yang melintas saat kegiatan ASEAN Summit berlangsung.

    Sigit juga menjelaskan kepada para jajarannya untuk bekerja secara optimal dalam mengamankan acara tersebut. Menurutnya, Polri sudah cukup berpengalaman saat melakukan pengamanan event internasional KTT G-20.

    Dikutip dari liputan6.com Sigit mengatakan “Mudah-mudahan seluruh persiapan dalam rangka pengamanan ASEAN Summit betul-betul bisa berjalan dengan baik. Kita pernah punya pengalaman beberapa waktu lalu di KTT G-20. Mudah-mudahan di ASEAN Summit ini kita bisa bekerja dengan lebih baik,” tutup Sigit. (red)

    Baca Artikel lainnya : 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *