• Thu. Jul 25th, 2024

    Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Dapat Merusak Ginjal, Sebaiknya Dihindari

    Byratna

    Jan 24, 2024
    Konsumsi Makanan dan Minuman

    Jakarta, Intra62.com – Sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman yang berisiko merusak ginjal sejak dini. Jangan lupa untuk menjaga hal penting yang tidak bisa dibeli oleh semua orang. Tentunya perlu dilakukan dengan beberapa cara seperti berolahraga dan makan atau minuman yang bergizi.

    Jika ginjal mengalami penurunan fungsi, risiko terkena penyakit semakin besar. Oleh karena itu menjaga kesehatan ginjal dengan cara mengurangi atau menghindari makanan dan minuman yang dapat merusaknya. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal di usia muda.

    Baca juga: Protein Rendah Lemak, baik untuk tubuh dan kesehatan jantung

    Kafein

    Konsumsi Makanan dan Minuman

    risiko terkena penyakit apabila seseorang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi setiap hari, makanan ataupun minuman apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik. Menyebabkan penurunan fungsi dan gangguan kesehatan pada ginjal. Kandungan kafein selain kopi ada juga pada teh, soda, dan coklat.

    Minuman Bersoda

    Konsumsi Makanan dan Minuman
    Dalam minuman bersoda terdapat kandungan fosfor juga mengandung sodium dan zat pemanis yang berpengaruh terhadap ginjal. Biasanya digunakan oleh produsen untuk membuat produk menjadi lebih awet dan menambah rasa.

    Makanan Tinggi Garam

    Konsumsi Makanan dan Minuman
    Apabila konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan keseimbangan sodium dan kalium (potasium) dalam tubuh rusak. Hal ini menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal. Kadar garam tinggi yang terdapat pada makanan seperti pizza, prozen food, camilan ringan, dressing salad, acar, dan sayur kalengan.

    Produk Susu

    Konsumsi Makanan dan Minuman

    Produk susu, keju, mentega, yogurt tentu memiliki nutrisi dan vitamin yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Namun, mengandung protein hewani yang sulit diproses oleh ginjal. Juga mengandung fosfor dan kalium yang tentu dapat membahayakan ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan.

    Olahan Daging


    Makanan olahan daging seperti sosis, nugget, dan hamburger cenderung mengandung garam dan fosfor yang tinggi dan bisa meningkatkan risiko kanker ginjal.

    Makanan Manis


    Kandungan gula berlebih dapat merusak dinding pembuluh darah dari ginjal dan nefron yang fungsi utamanya untuk menyaring darah dan menghasilkan urine. Selain merusak ginjal juga menyebabkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Makanan yang mengandung gula contohnya roti, kue kering, dan sambal dalam kemasan. (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/