• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Ganjar Minta Sosialisasi Konten Prolegnas Ditampilkan Lebih Jelas

    ByASD

    Jan 17, 2023

    Semarang, INTRA62.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong diseminasi Program Legislatif Nasional (Prolegnas) secara lebih luas dan maksimalisasi semua media. Selain itu, isi Prolegnas juga perlu disajikan secara lebih jelas.

    Hal itu disampaikan Ganjar usai menerima kunjungan dan kerja legislatif DPR RI dalam rangka sosialisasi prolegnas RUU Prioritas 2023, di gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu Dua (16 Januari 2023).

    Baca juga: Buka Pameran Batik, Ganjar Berharap Pekalongan Jadi Pusat Batik Dunia

    Turut hadir dalam acara tersebut, Zainudin Maliki mengetuai rombongan Korut anggota RI Baleg. Diikuti anggota lainnya antara lain Bukhori Yusuf dari F-PKS, Lulu Nur Hamidah dari F-PKB, Endang Maria Astiti dari F-Golkar dan lainnya. Hadir pula perwakilan kelompok masyarakat. Mulai dari akademisi, kesehatan, tokoh agama hingga kelompok yang mewakili perempuan dan anak.

    “Tebakan pertama saya adalah jumlah draf teks dan kemudian isinya,” kata Ganjar. Jadi apa sebenarnya untuk setiap RUU, sehingga semua orang bisa berdiskusi dan memberikan catatan penting.”

    Mantan anggota DPR RI itu menambahkan, kegiatan seperti ini tidak cukup dilakukan sekali saja. Menurutnya, harus ada tindak lanjut, terutama untuk RUU Prioritas.

    “Apakah disebar ke semua khalayak dari kelompok masyarakat, tokoh agama, akademisi, semua bacaan sehingga bisa memberikan feedback yang baik,” ujarnya.

    Di sisi lain, Ganjar mendorong Baleg DPR RI memaksimalkan berbagai platform informasi untuk menjangkau masyarakat. Dengan isi yang lengkap tentunya bukan hanya gambaran umum saja. Dengan cara ini semua orang akan dapat memahami ini. Gubernur Jawa Tengah kedua periode tersebut mengatakan, jika sosialisasi dilakukan dengan baik, maka masyarakat akan lebih memahaminya. Kesadaran masyarakat juga akan semakin tinggi sehingga tidak ada pemahaman yang abu-abu terhadap RUU tersebut dalam Prolegnas.

    “Untuk menghilangkan keraguan orang, itu berbahaya. (Apakah kita perlu memecahnya lebih jauh?) Hanya memberi saran, apa yang ingin diatur oleh masing-masing undang-undang, itu ada dalam teks. Salinan, para sarjana biasanya ada,” katanya.

    Ketua delegasi RPD RI Baleg Zainudin Maliki menyampaikan terima kasih kepada Ganjar Pranowo. Ia berharap Ganjar menjadi salah satu “pendukung” RUU Prioritas Prolegnas pada 2023.

    “Kami berterima kasih kepada Pak Ganjar karena sudah bisa menerima kami secara langsung dan ke depan sosialisasi berjalan dengan baik,” ujar Zainudin dalam sambutannya.

    Sebagai informasi, tidak kurang dari 39 RUU (RUU) telah masuk dalam Program Legislatif Nasional (Prolegnas) Prioritas 2023. Persetujuan itu diberikan setelah mendengar penjelasan Badan Legislatif (Baleg) DPR RI.

    Prolegnas Prioritas 2023 memiliki total 39 RUU, di antaranya 24 usulan DPR RI, 12 usulan pemerintah, dan 3 usulan DPD RI. RUU Kesehatan dan RUU Perlindungan Pembantu Rumah Tangga adalah di antaranya.

    prolegnas

    (team intra62)

    Baca Artikel lainya:

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *