• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Buka Pameran Batik, Ganjar Berharap Pekalongan Jadi Pusat Batik Dunia

    ByASD

    Jan 12, 2023

    Pekalongan, INTRA62.com – Ganjar Pranowo berharap Kota Pekalongan menjadi kiblat Pameran Batik dunia. Segala hal tentang batik bisa ditemukan di kota ini, mulai dari tempat belajar, membatik, hingga berjualan batik.

    “Saya berharap Kota Pekalongan bisa menjadi kiblat batik dunia, dengan harapan saya mempelajari semua yang ada. Belajar membatik datang ke sini, mendesain datang ke sini, melihat sejarah ada di sini, termasuk ketika saya ingin melakukannya saya juga datang ke sini. , jadi batik semua ada di Pekalongan,” kata Ganjar, usai membuka Pameran Batik Nusantara 2022 di GOR Jetayu, Kota Pekalongan, Rabu (5/10/2022).

    Baca juga: Gubernur Jateng Beserta Forkopimda Jateng Kunjungi Gereja di Kota Semarang

    Menurut Ganjar, Kota Pekalongan berpotensi menjadi kiblat batik dunia yang mendapat julukan Kota Batik, mengingat terdapat sekitar 47.000 pembatik di 101 sentra batik. Batik Nusantara juga menjadi momentum Pameran untuk mewujudkan pusat batik dunia di Pekalongan.

    Di tengah perkembangan zaman, Ganjar pun mengajak para pembatik untuk memanfaatkan teknologi. Sekarang teknologi ini sudah ditemukan, baik untuk desain maupun produksi batik. Tentunya dengan tidak meninggalkan batik yang dibuat dengan canting, karena permainannya juga sangat tinggi.

    Ganjar juga melarang para penjual batik untuk mulai memasarkan produknya secara digital. Tentunya harus ada perbaikan dan inovasi dalam desain dan metode pemasaran.

    Untuk mendukung peningkatan dan inovasi desain batik, Ganjar berharap semakin banyak sekolah yang memberikan desain pendidikan. Pasalnya, para desainer perlu diremajakan, sehingga model yang dihasilkan pun beragam.

    “Saya pikir harus ada desain sekolah. Tidak khusus untuk desain batik, tapi bisa melalui jurusan salah satunya jurusan desain batik. Yang penting didirikan dan harus ada di Kota Pekalongan. Saat ini sudah ada perguruan tinggi, tinggal bengkel lagi, sehingga semua orang bisa belajar di sana,” ujarnya

    (tim intra62)

    Baca Artikel lainnya:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *