• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Erick Thohir : 90 % Bauksit RI Dinikmati China

    ByAF

    Feb 28, 2023
    90% Bauksit dinikmati oleh China

    Jakarta , Intra62.com . Erick Thohir : 90 % Bauksit RI Dinikmati China . Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir dalam Economic Outlook 2023, CNBC Indonesia pada Selasa (28/2/2023) buka-bukaan, khususnya perihal larangan ekspor bauksit ke luar negeri.

    Menteri Erick mencatat, bahwa saat ini Indonesia menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini terjadi karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah.

    “Toh dunia mengakui, Indonesia sebagai salah satu pertumbuhan ekonomi dunia. Kita ingin menjadi negara yang maju, kita punya hak menjadi bagian ekosistem yang akan dibangun di dunia karena kita punya challenging sebagai bangsa maju juga job creation,” ungkap Menteri Erick, dalam acara Economic Outlook 2023 dengan tema “Menjaga Momentum Ekonomi di Tengah Ketidakpastian” CNBC Indonesia di Hotel St. Regis, Jakarta, Selasa (28/2/2023)

    Erick Thohir sebagai Pembicara dalam Outlook economic 2023

    Indonesia dinilai sebagai pertumbuhan ekonomi dunia, kata Erick didukung dengan adanya sumber daya alam yang berlimpah serta geografis yang mudah. Salah satunya adalah bauksit, di mana seperti diketahui, Indonesia resmi akan melarang ekspor bauksit ke luar negeri per 1 Juni 2023.

    Baca Juga : Erick Thohir Buka-bukaan Soal Korupsi PTPN, Tumpuk Hutang 43 Triliun

    Larangan ekspor bauksit bertujuan untuk mengangkat nilai tambah ekspor bauksit melalui pengembangan hilirisasi di dalam negeri. Kelak, dengan hilirisasi nilai tambah sebelumnya hanya mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi.

    Erick menyatakan, bahwa penikmat utama produksi bauksit Indonesia adalah China. Di mana China akan menggunakan bauksit tersebut untuk memproduksi kaca. “90% ekspor ke China jadi nomor satu produksi kaca buat menyerap panas itu China nomor satu,” ungkap Menteri Erick.

    Ekspor Bauksit di Larang

    Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyadari dan menaruh perhatian atas aksinya melarang ekspor bauksit pada Juni 2023. Hal ini berpotensi kembali mendapatkan gugatan khususnya oleh China di Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO)

    Pasalnya, menurut catatan Presiden Jokowi, 90% bijih bauksit di Indonesia dinikmati oleh China. “Hati-hati, 90% ekspor bahan mentah bauksit kita ke Tiongkok, China. Gak tau dia gugat kita (ke WTO) atau enggak. Kalau digugat, nikel digugat Uni Eropa, bauksit digugat Tiongkok karena 90% ekspor bahan mentah kita ke sana.” ungkap Presiden Jokowi dalam pembukaan Workshop Nasional Partai Amanat Nasional (PAN), Dikutip Selasa (28/2/2023).(Tim Intra62.com )

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *