• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Tips Memakai Google Maps, Supaya perjalanan Mudik Lebaran Lancar

    ByNAS

    Apr 21, 2023
    Tips Memakai Google Maps, Supaya perjalanan Mudik Lebaran Lancar

    Jakarta, Intra62.com – Dari tahun ke tahun arus mudik tidak pernah luput dari yang namanya macet. Kemacetan bukanlah hal yang asing lagi bagi para pemudik, maka dari itu berikut ada tips memakai Google Maps untuk mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

    Kapolri telah mengimbau, arus mudik tahun ini mengalami kenaikan setelah tiga tahun karena pandemi Covid-19. Saat ini, beberapa lokasi di seluruh Indonesia pun telah diperkirakan menjadi titik rawan kemacetan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika para pemudik menyiapkan waktu ekstra untuk melakukan perjalanan.

    Selain macet, nyasar juga sering menjadi permasalahan yang dihadapi para pemudik. Bayangkan saja ketika sedang nyasar kondisi jalanan juga macet.

    Pastinya hambatan tersebut dapat banyak memakan waktu yang seharusnya tidak terbuang. Jangan sampai, waktu kebersamaan dengan keluarga harus terbuang hanya karena perkara salah jalan atau terkena  macet.

    Untuk itu, sebaiknya para pemudik memanfaatkan aplikasi Google Maps. Bukan hanya menunjukkan arah saja, kini Google Maps juga dapat memberi informasi mengenai kondisi jalan mulai dari, titik macet hingga biaya tol.

    Berikut beberapa tips memakai Google Maps:

    Menentukan lokasi tujuan terlebih dahulu

    Foto menggunakan aplikasi google maps (intra62.com/NA)

    Sebelum memulai perjalanan mudik dengan menggunakan aplikasi Google Maps, alangkah baiknya menentukan lokasi tujuan perjalanan terlebih dahulu. Caranya, buka layanan Google Maps, lalu tunggu hingga halaman aplikasi tersebut terbuka.

    Selanjutnya, cari tulisan pencarian atau search. Setelah itu, klik bagian tersebut, dan masukkan lokasi atau nama tempat yang ingin dituju. Jika sudah, tekan tombol enter.

    Pilih menu rute

    Setelah langkah di atas selesai, carilah bagian menu rute, lalu tekan tombol rute tersebut. Selanjutnya, Google Maps akan menampakan beberapa pilihan rute beserta estimasi waktunya.

    Jika sudah, pilih jenis transportasi yang akan digunakan, misalnya mobil atau motor. Lalu, Google Maps akan memberikan estimasi dan rute yang tepat sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

    Disini pengguna dapat memilih rute mana yang dirasa paling cepat atau paling dipahami. Dengan begitu pengendara dapat meminimalisir resiko terkena macet atau salah jalan.

    Gunakan titik antara

    Apabila ingin mampir ke beberapa tempat ketika sedang melakukan perjalanan. Pengguna bisa menambahkan fitur titik antara pada layanan rute.

    Contohnya, pengendara ingin mengunjungi SPBU terdekat, atau singgah ke pusat oleh-oleh atau masjid, titik antara dapat memberikan informasi mengenai rute terdekat dan terbaik. Untuk menggunakan fitur ini, caranya cukup mudah.

    Pengguna hanya perlu menekan gambar ikon +. Fitur ini dapat ditemukan di bagian kolom lokasi awal perjalanan dan tujuan terakhir perjalanan.

    Selanjutnya, tinggal masukkan nama lokasi yang ingin dituju.

    Memanfaatkan mode satu arah

    Langkah berikutnya, pengguna bisa memilih mode satu arah supaya mendapatkan rute yang terhindar dari kemacetan. Untuk caranya sendiri, cukup menekan tombol opsi satu arah.

    Tombol tersebut umumnya terdapat di bawah kolom lokasi tujuan awal dan akhir.

    Tekan tombol simpan

    Setelah mendapatkan rute perjalanan terbaik sesuai dengan yang diinginkan. Pengguna dapat menyimpan rute tersebut dengan menekan tombol save atau simpan.

    Jangan lupa berikan nama pada rute perjalanan tersebut sehingga nantinya rute itu dapat ditemukan dengan mudah apabila dibutuhkan.

    Manfaatkan fitur lalu lintas dan “near me’’

    Fitur ini akan menampilkan gambaran kondisi lalu lintas secara langsung. Dengan begitu, pengguna dapat mengestimasikan durasi perjalanan dan menghindari jalan yang terkena macet.

    Selain itu, pengendara juga bisa menggunakan fitur “near me”, untuk menemukan SPBU, ATM, atau tempat kuliner terdekat ketika sedang melakukan perjalanan. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *