• Sun. Dec 3rd, 2023

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Sosial Media Ramai Dengan Tersebarnya Berita Yang Menyatakan Terkait Perusahaan di Daerah Cikarang

    ByNA

    May 3, 2023
    Sosial Media Ramai Dengan Tersebarnya Berita Yang Menyatakan Terkait Perusahaan di Daerah Cikarang

    Jakarta, Intra62.com – Belum lama ini sosial media ramai dengan tersebarnya berita yang menyatakan terkait perusahaan di daerah Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang diduga mensyaratkan staycation untuk karyawati yang ingin memperpanjang kontrak kerja.

    Berita tersebut awalnya viral di media sosial twitter setelah sebuah akun mengungkapkan kondisi miris tersebut dan langsung mendapat perhatian warganet.

    Merilis dari akun milik Jhon Sitorus mengatakan bahwa syarat staycation tersebut dilakukan oleh salah satu oknum atasan di perusahaan tersebut.

    “Banyak yg up soal perpanjangan kontrak di perusahaan area Cik*rang,” tulis sebuah akun.

    Baca Juga: Baru-baru Ini Beredar Berita Pesan Berantai Melalui Aplikasi Whatsapp

    “Terdapat oknum atasan perusahaan yg mensyaratkan harus STAYCATION bersama karyawati agar mendapatkan perpanjangan kontrak,”

    Kata Jhon, fenomena seperti ini sudah menjadi rahasia umum dan diketahui oleh karyawan di perusahaan tersebut.

    “Yg mengerikan, ini ternyata sudah RAHASIA UMUM perusahaan dan hampir semua karyawan tahu,” lanjut Jhon.

    Terkait fenomena syarat staycation untuk karyawati perusahaan di Cikarang rupanya dibenarkan sebagai rahasa umum dan sudah berlangsung lama oleh sejumlah netizen.

    “Sudah tidak asing sebenernya sudah sejak lama budaya seperti itu, tapi karena sosial media ramai makanya baru viral. Itu sih tinggal balik lagi ke si karyawan kalau ditawarin begitu mau ya berarti kan sama¬≤ butuh, tapi kalau menolak. Ya itu sangat baik karena lebih mementingkan harga diri ketimbang iming2 kontrak yg cuma beberapa bulan,” salah satu komentar netizen.

    “Ini sudah berjalan puluhan tahun yang lalu, jaman dulu biasanya di pabrik garmen atau pabrik dengan karyawan sebagian besar wanita. Kira-kira tahun 90 an sudah ada,” sambung akun Twitter lainnya.

    Terdapat juga netizen yang menyatakan bahwa selain syarat staycation ada juga hal lain soal rekrutmen karyawan di perusahaan yaitu calo dan upeti.

    “Jangan lupa om, oknum karangtaruna yg menjadi seolah punya perusahaan memungut dana bagi calon pekerja yg mau masuk kerja,” tulis salah satu akun Twitter.

    Selanjutnya, melansir laman akun yang lain, staycation sendiri merupakan istilah yang berasal dari penggabungan dua kata yaitu stay dan cation. Stay yang berarti tetap, sementara cation berasal dari kata vacation alias liburan.

    Dua kata tersebut lalu diterjemahkan secara bebas oleh masyarakat. Sementara menurut Cambridge Dictionary staycation mempunyai arti sebagai liburan yang dijalankan di rumah atau di dekat rumah, dari pada bepergian ke tempat lain.

    Selain itu ada juga yang mengartikan staycation sebagai liburan yang dijalankan dengan cara tinggal atau menetap di suatu tempat. (red/intra62.com)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *