• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Siapa Pantas Dampingi Ganjar Dalam Pilpres 2024

    ByASD

    May 11, 2023
    Potret Ganjar Pranowo, sebelum Pilpres 2024

    Jakarta, INTRA62.com – Seperti yang kita ketahui Ganjar Pranowo telah ditunjuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjadi capres untuk bertarung pada Pilpres 2024, lantas siapakah pasangan atau calon wakil presiden (cawapres) Ganjar.

    Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah menyebutkan sejumlah nama yakni, Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Menkoperekonomian Airlangga Hartarto.

    Kemudian ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, sampai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

    Namun saat ditanya wartawan soal menjadi cawapres ganjar, Prabowo mengatakan dirinya telah diusung partainya sebagai capres.

    Partai Gerindra sudah cukup kuat untuk menjagokan dirinya sebagai calon RI 1, ujar Prabowo.

    Mengutip dari www.tribunnews.com, “Partai saya mencalonkan saya sebagai capres, dan partai saya agak kuat juga sekarang,” ucap Prabowo usai pertemuan dengan Jokowi, Sabtu (22/04).

    Sementara itu, Sekjend Asosiasi Wartawan Demokerasi Indonesia (AWDI), Balham Wadja SH mengatakan “Pendamping yang pas untuk Ganjar sebaiknya dari Ex militer, seperti Jenderal TNI (Purn.) Muhammad Andika Perkasa”.

    Potret Muhammad Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D.

    Sementara itu, Ganjar mengatakan dirinya siap untuk berpasangan dengan siapapun yang memiliki visi yang sama dengannya.

    Baca juga: Kursi Capres Pemilu 2024 Telah Usai, Sekarang tersisa Perebutan Kursi Cawapres 
    Bagaimana dengan Anies dan Prabowo?

    Disisi lain, pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes mengatakan. “Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan, kemungkinan akan memilih cawapres dari non-partai”

    Dikarenakan terdapat tiga partai yang mencalonkan Anies, diantaranya PKS, Nasden, dan Demokrat posisinya relatif seimbang.

    Semisal pilihan cawapres nya dari Nasdem, nanti PKS dan Demokrat tidak akan happy. Begitu juga sebaliknya.

    Kemungkinan lain, Anies akan memilih pendampingnya dari salah satu partai dengan elektabilitasnya lebih tinggi dari calon dua partai lainnya.

    Adapun dari pihak Prabowo Subianto, Arya memperkirakan, Prabowo akan diusung menjadi capres di Pemilu 2024 dikarenakan dirinya kini memiliki tingkat keterpilihan paling tingga menurut lembaga survei. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *