• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Pukul Berapakah Penerapan Ganjil Genap, di Jalan Raya Puncak Pada Sore Nanti?

    ByNAS

    May 26, 2023
    Pukul Berapakah Penerapan Ganjil Genap, di Jalan Raya Puncak Pada Sore Nanti?

    Jakarta, Intra62.com – Pukul berapakah penerapan ganjil genap di Jalan Raya Puncak pada sore nanti. Satlantas Polres Bogor menyatakan ganjil genap dilakukan guna mengurangi kemacetan arus kendaraan menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

    “Iya kalau untuk pemeriksaan ganjil genap di hari Jumat itu kita mulai dari pukul 15.00 WIB. Seyogyanya dimulai 14.00 WIB, tapi mengingat jam 15.00 WIB itu shalat asar, tentunya penerapan ganjil genap kita mulai nanti setelah selesai shalat asar,” ujar KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, kepada wartawan, Jumat (26/5/2023).

    Baca juga: Volume Kendaraan Jalur Puncak Bogor, Terus Meningkat

    Selanjutnya untuk hari Sabtu besok, ganjil genap akan diterapkan mulai dari pagi. Ganjil genap diterapkan hingga rekayasa lalu lintas lainnya yakni sistem satu arah (one way) ke jalur Puncak digelar.

    “Untuk di hari Sabtu besok, kita mulai di jam 06.00 WIB. Lalu situasi arus Puncak padat, maka dijalankan sistem proses one way arah atas. Usai terbuka satu arah ke atas, ganjil genap berhenti,” katanya.

    Biasanya, pada siang hari di akhir pekan, one way arah Jakarta akan diterapkan. Selama one way diterapkan, maka ganjil genap tidak digunakan.

    Baca juga: Villa Khayangan Bogor Informasi Harga Tiket Masuk dan Tarif Wahana

    “Kemudian nanti siang harinya dilanjut ke bawah, ganjil genapnya kemungkinan di sore hari setelah dua arah di Sabtu sore,” ucapnya.

    Ganjil genap seharusnya berlaku untuk kendaraan roda dua dan empat motor dan mobil. Namun petugas kepolisian tetap melihat kondisi arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak.

    “Tentunya sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021 itu untuk ganjil genap berlaku untuk motor dan mobil. Tetapi pada pelaksanaannya, kita akan lihat seperti apa situasi arusnya. Namun jika arusnya padat, kita akan selidki,” pungkasnya. (red/intra62)

    Baca Artikel Lainya:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *