• Thu. Jul 25th, 2024

    PT Hung-A Indonesia Mendadak PHK Ribuan Karyawan

    Byratna

    Jan 18, 2024
    PT Hung-A Indonesia

    Bekasi, Intra62.com – Produsen ban PT Hung-A Indonesia dikabarkan telah memberhentikan ribuan karyawannya. Berdasarkan informasi yang beredar, perusahaan akan berhenti beroperasi pada 1 Februari 2024.

    Akibat penutupan perusahaan, diperkirakan 1.500 karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

    “Iya betul PT Hung A tutup tanggal 1 Februari 2024 dan seluruh karyawan di PHK mulai tanggal 16 Januari 2024,” Ujar Sarino, Ketua Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) Kabupaten/Kota Bekasi, pada Rabu (17/1/2024).

    Baca Juga: Presiden Jokowi Memuji PT Maspion

    “Hak-hak pekerja masih dalam proses negosiasi antara pengusaha dan serikat pekerja,” jelasnya.

    Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterima dari Sarino, alasan penutupan PT Hung-A Indonesia karena perusahaan tersebut akan pindah ke Vietnam. Di sisi lain, penyebabnya adalah rendahnya daya saing produk di Indonesia.

    “Alasan penutupan perusahaan karena ingin pindah ke Vietnam. Alasan perusahaan ini pindah ke Vietnam karena produk PT Hung-A kalah bersaing dengan produk PT Hankook Trie Indonesia,” tutupnya.

    Kementerian Tenaga Kerja mengumumkan alasan PHK

    Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) mengumumkan bahwa pihak Hung-A Indonesia telah melaporkan penutupan pabrik kepada Dinas Ketenagakerjaan di Bekasi. Alasan penutupan tersebut adalah penurunan permintaan dan pendapatan perusahaan.

    Saat ini, perkara dampak penutupan dan pemberhentian karyawan PT Hung-A sedang ditangani Dinas Ketenagakerjaan Bekasi. Kementerian Tenaga Kerja atau Pemerintah Pusat harus memastikan bahwa mereka terus memantau penyelesaian masalah ini untuk menjamin hak-hak pekerja.

    Informasi PHK karyawan pabrik ban di Cikarang bermula dari beredarnya video yang viral di media sosial. Pemutusan hubungan kerja ini merupakan dampak dari penghentian operasional perusahaan mulai 1 Februari 2024.

    Dari video yang disebar, tampak informasi tersebut diumumkan oleh seorang pihak perusahaan kepada seluruh karyawan yang berkumpul di depan pabrik.

    “Mulai tanggal 1 Februari 2024, PT Hung A akan berhenti beroperasi sesuai dengan keputusan direksi yang akan diumumkan nanti,” kata pria yang mengumumkan keputusan tersebut dalam sebuah video.

    Menyusul pengumuman tersebut, seluruh karyawan PT Hung-A langsung diberhentikan. Video yang tersebar itu diunggah pada Selasa (16/1/2024) kemarin. (red/intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/