• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak, Lewat Twitter

    ByASD

    Jun 4, 2023

    INTRA62.com – Tanggal 4 Juni 2023 bertepatan dengan perayaan Waisak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Waisak.

    Jokowi memberikan ucapan selamat berupa gambar lukisan sejumlah biksi dari berbagai negara yang berkumpul di Candi Borobudur untuk merayakan Hari Raya Waisak.

    Unggahan tersebut diunggah di akaun instagram pribadinya @jokowi.

    “Para biksu dari berbagai negara melakukan ritual Tudhong dengan berjalan kaki ribuan kilometer menuju Candi Borobudur dan mendapatkan penerimaan hangat di sepanjang jalan”, tulis Jokowi.

    “Kepada seluruh Umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia”, tulis Jokowi dalam akun pribadinya, dikutip Minggu (4/6/2023).

    Baca Juga : Beberapa Lokasi 2nd Borobudur International World Peace & Prosperity Event 2023

    Jokowi mengungkapkan, para biksu tersebut berjalan kaki atau yang mereka sebut ritual Tudhong, dari Thailand.

    Sepanjang perjalanan para biksu telah melewati berbagai negara hingga akhirnya sampai ke Indonesia, terang Jokowi.

    Dalam perjalanan, para biksu diketahui selalu mendapatkan sambutan yang hangat dan ramah.

    Seperti yang terlihat di unggahan Presiden Jokowi lewat gambar seorang anak yang memberikan minuman kepada biksu dalam menemani perjalanannya.

    “Para biksu ini melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

    Terlihat pula dalam unggahnyya terdapat warga yang mengabadikan bagaimana para biksu berjalan kaki melaksanakan ritual Tudhong.

    Diketahui Kamis (1/6/2023) sore, Sekitar 32 biksu yang melakukan Tudhong akhirnya tiba di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

    Dengan berjalan kaki para biksu akhirnya tiba di Candi Borobudur setelah menem,puh perjaanan jauh dari Thailand menuju Indonesia.

    Aksi tersebu5r merupakan ritual Thudong atau perjalanan religi yang ditempuh dengan cara berjalan kaki sejauh ribuan kilometer sejak Maret 2023 lalu. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *