• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Piala Dunia U17 2023, Peru Batal Jadi Tuan Rumah

    ByASD

    Apr 4, 2023
    Logo Wolrld Cup U17 2023 Peru

    INTRA62.com – Peru dikabarkan batal jadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023. yang dijadwalkan pada 10 November sampai 2 Desember mendatang.

    Kabar tersebut diketahui usai FIFA mengunggah penryataannya resminya pada Senin (3/4/23).

    Dalam pernyataannya, FIFA mengatakan pencabutan status Peru sebgai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 dilakukan usai melakukan diskusi dengan federasi sepak bola negara terkait.

    Sementara itu, FIFA akan menunjuk dan mengumumkan tuan rumah pengganti untuk Piala Dunia U17 2023. Pada waktu yang belum dapat ditentukan.

    “Usai diskusi ekstensif antara FIFA dengan Federasi Sepak Bola Peru (FPF). FIFA dengan menyesal mencabut hak tuan rumah Peru pada U17 World Cup 2023, tulis keterangan FIFA.

    “Turnamen tetap berlangsung sesuai jadwal yakni 10 November sampai 2 Desember 2023, tapi Biro Dewan FIFA akan menunjuk tuan rumah baru pada waktuNya,” lanjut keterangan FIFA.

    Baca juga : Bagaimana Nasib Timnas U-20, Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023
    Alasan Pencabutan

    FIFA menjelaskan secara terang-terangan bahwa pencabutan tersebut dilakukan sebab masih ada masalah infrastruktur.

    Peru dianggap tidak mampu memenuhi komitmen untuk menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen.

    “Langkah tersebut diambil karena ketidakmampuan negara tuan rumag dalam memenuhi komitmen untuk menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen,” terang FIFA.

    “Meskipun FIFA dan FPF memiliki hubungan yang sangat positif, tak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang dibutuhkan oleh Pemerintah Peru sebelum dimulainya Turnamen.”

    FIFA tetap mengucapkan terima kasih kepada FPF, terlepas dari segala keputusan yang diambil.

    Peru akan tetap terbuka untuk menggelar turnamen dimasa mendatang, lanjut FIFA.

    “FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada FPF atas upaya mereka, dan tetap terbuka untuk menyelenggarakan kompetisi di Peru pada masa mendatang,” demikian keterangan FIFA yang dilansir dari bola.tempo.co.

    Sebelumnya, Peru diterpa kesulitan dalam proses pembangunan arena, hal tersebut tak terlepas dari fenomena alam di sejumlah daerah di Peru.

    Alhasil, Pemerintah Peru pun mengusulkan untuk memusatkan turnamen di Kota Lima dan Callao. Setelah menilai pembangunan pada sejumlah daerah tak mungkin bisa dilanjutkan.

    Agustin Lozano Saavedra selaku Presiden Federasi Sepak Bola Peru. Sempat mengatakan bahwa negaranya tak akan menyerah untuk tetap meggelar Piala Dunia U17 2023.

    Namun, situasi saat ini tidak memungkinkan lagi, sehingga FIFA akhirnya mencabut status Peru sebagai tuan rumah. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *