• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Operasi Lilin Lodaya, Kapolda Jabar Tinjau Langsung Pos PAM Nataru

    ByASD

    Dec 23, 2022
    Potret Operasi lilin lodaya

    Subang, Intra62.com – Dalam rangka Persiapan Operasi Lilin Lodaya 2022, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana, bersama jajaran Polda Jawa Barat, meninjau sarana dan prasarana Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) salah satunya di Rest Area 102 A Tol Cipali Subang, Kamis (22/12/2022) sore.

    Dalam peninjauan tersebut, Kapolda Jabar meninjau langsung sarana prasarana yang ada di rest area 102 tol Cipali Subang. Seperti Command Centre, sarana laktasi, gerai vaksin, observasi, sarana relaksasi ambulance, damkar, mobil derek dan area bermain anak serta sarana penunjang lainnya.

    Dalam peninjauannya tersebut, Kapolda Jabar, Irjen Pol. Suntana mengatakan bahwa, kedatangannya ke Rest Area 102 A Tol Cipali Subang ini untuk memantau kesiapan sarana dan prasarana di beberapa Pos Pengamanan yang di dirikan oleh Jajaran Polda Jabar, dan salah satunya di Wilayah Hukum Polres Subang.

    “Saat ini kami sedang mengecek kesiapan pos-pos pengamanan yang didirikan oleh jajaran Polda Jabar dari mulai tadi KM 125 arah jakarta, KM 88, km 57 dan tadi kita sempatin ke rest area Japek 2. Alhamdulillah dari berapa pengecekan Pos Pengamanan pun, kehadiran personil di pos-pos itu juga ada,” ujar Suntana

    Menurut Suntana sarana prasarana yang disediakan di beberapa pos Pam Nataru seperti di rest area 102 ini tak lain demi kelancaran para pengguna jalan selama liburan Nataru

    “Kami mohon doa dan dukungan kepada masyarakat supaya kegiatan yang kami lakukan ini, bisa berjalan dengan aman dan lancar serta Kamtibmas tetap kondusif selama libur akhir tahun Nataru ini,” katanya

    Selanjutnya, Suntana juga berpesan kepada masyarakat, apabila hendak berpergian untuk liburan kemanapun, pastikan kendaraannya dalam keadaan sehat (Layak di gunakan), dan dengan BBM tercukupi.

    Baca juga: Aksi unjuk Rasa tuntut Keadilan atas pengemplang 11 Milyar

    “Untuk para pengguna jalan atau masyarakat kalau memang lelah berkendara mohon tidak beristirahat di bahu jalan tol, hal ini tentunya akan mengganggu pengguna jalan lainnya, silahkan bisa menggunakan rest area,” imbuhnya.

    Suntana juga menghimbau kepada para perusahaan, yang memang usahanya menggunakan bus-bus, truk, dipastikan, kendaraan juga yang dipakai dalam keadaan baik dan layak, sehingga tidak membuat kemacetan dikarenakan kendala kendaraan mogok di suatu jalan.

    “Untuk tempat wisata juga kita melaksanakan kegiatan, kita akan menempatkan seluruh personil, hal tersebut tentunya agar masyarakat yang akan merasakan liburan merasa aman, nyaman dan lancar” ucapnya
    Suntana juga menjelaskan bahwa, dalam operasi Lilin Lodaya 2022 kali ini pihaknya menerjunkan personil yang ditugaskan di beberapa Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan tersebut sekitar 26 sampai 27 ribu dengan jumlah 330 pos di seluruh Jawa Barat.

    “Kita juga mendirikan beberapa Pos dilokasi tempat wisata di seluruh Jawa Barat, hal ini diprediksi oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat bakal ada sekitar 1,5 juta penduduk yang akan datang liburan ke wilayah Jawa Barat,” jelasnya

    Selain itu, Suntana juga mengatakan bahwa, terkait lonjakan wisatawan saat ini masih terpantau ramai lancar, bahkan menurutnya sebagaimana informasi dari Jalan Tol, masih 2 sampai 3 ribu perjam yang memasuki Tol tepat nya di Wilayah Jawa Barat.

    “Kalau saat libur Nataru nanti diperkirakan ada 4 sampai 5 ribu kendaraan perjamnya dan pihak kepolisian sudah antisipasi dengan melakukan tindakan, seperti contraflow, atau One Way. Ya kita dinamis saja secara fleksibel, kapan kita harus one way, dan kapan harus kita contra flow,” paparnya.

    Suntana juga menambahkan bahwa, prediksi lonjakan wisatawan kemungkinan mulai tanggal 23 Desember besok.

    “tapi kita sudah menyiapkan anggota di beberapa Pos, untuk antisipasi lonjakan wisatawan di kawasan destinasi wisata,,”ujarnya.

    (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *