• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Mufakat 1 syawal pemerintah Sabtu 22 April 2023

    ByAF

    Apr 21, 2023
    Mufakat 1 syawal pemerintah Sabtu 22 April 2023

    Jakarta , Intra62.com . Mufakat menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023,” kata Menag Yaqut Kamis (20/4). Hal ini disampaikan dalam sidang isbat kemarin .

    Perbedaan waktu menentukan lebaran mestinya tidak menjadi polemik yang serius . Mengingat status hukum penentuan ada ditangan pemerintah  , kata Anis Fuad  Pengamat  spiritual Politik dan kebangsaan dari Asosiasi Wartawan Demokrasi indonesia . sehingga masyarakat cukup mengikuti pemerintah yang notabene punya kewenangan dan tanggung jawab terhadap mengatur peribadatan umat beragama .

    Dari Tim Kemenag telah mengamati posisi hilal di 123 titik di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

    Hasilnya, sejumlah daerah melaporkan ketinggian hilal masih di bawah tiga derajat . Dalam sidang tersebut, turut hadir perwakilan ormas-ormas Islam seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, dan perwakilan dari Komisi VIII DPR. Hadir pula perwakilan dari negara-negara Islam yang ada di Indonesia.

    Mencermati dari perbedaan dalam sidang isbat yang diambil keputusan secara mufakat bahwa 1 syawal jatuh pada hari sabtu tanggal 22 april 2023 . Kenapa salah satu ormas masih mengumumkan perbedaan ? dan masih banyak lagi perbedaan diluar sana yang tidak diketahu oleh publik .

    baca juga : Wilayah Makassar Apakah Akan Nampak hilal awal bulan Syawal 1444 Hijriah atau Lebaran Idul Fitri

    Diskursus mengenai hisab dalam penentuan 1 syawal memang tidak dilarang . Namun hasil mengumumkan nya ini yang mestinya tidak boleh secara vulgar kepada masyarakat . sebetulnya masyakarakat mendambakan kebersaman dalam berhari Raya .

    Malam ini terlihat dikampung – kampung , mushola dan masjid serentah melakukan takbir keliling . Dalam menyambut kemenangan selama 30 hari telah berpuasa . (Tim red )

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *