• Thu. Jul 25th, 2024

    Menlu Retno : Pemulangan WNI dari Sudan secara bertahap

    ByAF

    Apr 28, 2023
    Menlu Retno : Pemulangan WNI dari Sudan secara bertahap

    Jakarta , Intra62.com . Pemulangan WNI dari Sudan secara bertahap . Hal ini disampaikan oleh Menlu retno saat konperensi Pers Jumat (28/4/2023). Dan 390 WNI yang sudah otw dari sudan akan tiba jumat dini hari . Karena perjalanan yang cukup jauh mereka akan diperistirahatkan sejenak di Asrama haji Pondok gede untuk mendapat kesehatan yang prima .

    Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad pada Kamis, 27 April 2023, pukul 15.00 waktu setempat . Berhasil melepas keberangkatan 390 WNI yang berhasil dievakuasi dari Sudan .   Sampai saat ini Sudan masih  dilanda konflik bersenjata mematikan.

    Beberapa dari WNI evakuasi jalur udara tadi malam. Dan  yang menggunakan kursi roda mendapatkan prioritas diterbangkan hari ini,” kata Dubes Aziz saat ditemui di Bandara Internasional Jeddah, dikutip dari keterangan tertulis KBRI.

    Baca juga ; Labuan Bajo menjadi Tuan Rumah KTT ASEAN 2023

    Dan ternyata seluruh WNI evakuasi Sudan yang masuk ke Arab Saudi menggunakan visa darurat kemanusiaan akan dipulangkan ke Indonesia secara bertahap,” ujar Aziz.

    KBRI Riyadh mendata sehari  terdapat dua gelombang evakuasi WNI dari Sudan, yaitu sebanyak 557 WNI via jalur laut (Kapal MV Amanah berbendera Arab Saudi) dan 110 WNI via jalur udara (Pesawat TNI AU), sehingga sampai saat ini total sebanyak 667 WNI telah dievakuasi dari Sudan ke Jeddah.

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pernyataan pers pada Rabu, 26 Maret 2023, mencatat, data WNI yang berada dari Sudan terus dimutakhirkan. Dari 1.209 jiwa tercatat di awal, saat ini WNI berjumlah 947 orang.

    Di luar 667 WNI yang ikut gelombang pertama . Ada pula 15 lainnya sudah meninggalkan Sudan secara mandiri. Sedangkan 25 memilih untuk bertahan karena alasan keluarga.

    390 WNI tiba Jumat dini hari

    Pada Kepulangan gelombang pertama sebanyak 390 WNI ini menggunakan penerbangan reguler Garuda GA991. Mereka dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, pada Jumat, 28 April 2023, dini hari.

    Rombongan WNI evakuasi Sudan menggunakan jalur udara dari Jeddah ke Jakarta berikutnya direncanakan pada 29 April 2023.

    Konflik di Sudan dimulai sejak pecahnya perang sepuluh hari lalu antara militer dan kelompok milisi RSF (Rapid Support Forces). Pertempuran telah memicu krisis kemanusiaan, dengan menewaskan sedikitnya 459 orang dan mengurung jutaan rakyat Sudan tanpa akses ke layanan dasar.

    Reuters melaporkan, kedua belah pihak menyetujui gencatan senjata 72 jam yang dimulai pada Selasa, 25 April 2023, setelah negosiasi yang ditengahi oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi. Namun Utusan Khusus PBB untuk Sudan Volker Perthes mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa kedua belah pihak tidak menunjukkan kesungguhan untuk bernegosiasi.

    Sementara Ketua DPR RI, Puan Maharani, menegaskan Pemerintah Indonesia harus menjamin keselamatan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk WNI yang kini berada di dalam wilayah konflik Sudan.

    ( Tim red )

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/