• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Labuan Bajo menjadi Tuan Rumah KTT ASEAN 2023

    ByAF

    Apr 28, 2023
    Laboan Bajo menjadi tuan rumah KTT ASEAN 2023 di Puncak Waringin

    Jakarta , Intra62.com . Labuan Bajo menjadi tuan rumah KTT ASEAN 2023 . Retno Marsudi ikut mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan pengecekan akhir . Persiapan All out sedang dilakukan dan sduah on the track , kami sedang menghitung hari, tinggal dua minggu. Tinggal tambahan sampai hari H,” pungkasnya.

    Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023, yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencana KKT berlangsung pada 9-11 Mei dan memiliki delapan agenda pertemuan. Puncak KTT itu tanggal 10 dan 11 Mei,”  ucapnya.

    Agenda pertemuan rencana  tidak hanya tunggal , namun ada beberapa meeting  karena untuk KTT ke-42 ASEAN ada dua format, yakni format pleno dan format retreat,”  ujarnya, Retno Marsudi di Puncak Waringin Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (26/4/23).

    Ia menambahkan ada tujuh dari delapan pertemuan akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Sedang pertemuan lainnya di antaranya ialah pertemuan para pemimpin ASEAN dengan parlemen, pemuda, bisnis, dan high level task force.

    Pertemuan High level task force yang akan persiapkan untuk membuat visi ASEAN 2045,” tambahnya.

    Sementara itu, ada dua pertemuan lain yang akan di pimpin perdana menteri Malaysia. yaitu Kerja Sama Ekonomi Sub Regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Kerja sama Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

    Baca Juga : Sandiaga Uno Raih Penghargaan Indonesia Man of The Match in Tourism 2022

    Pemimpin pertemuan itu (BIMP-EAGA) dipimpin secara bergantian oleh pimpinan Negara  dan tahun ini giliran Malaysia,” imbuhnya.

    Adapun rangkaian agenda Senior Official Meeting akan mengawali pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo akan dimulai pada 8 Mei 2023 .  Dan pertemuan Selanjutnya tingkat menlu akan digelar pada 9 Mei 2023.

    Salah satu acara yang menarik adalah disediakannya lokasi kegiatan KTT ASEAN 2023 bagi pasangan . Dan Semua pasangan para kepala Negara akan mengikuti spouse  program  . ( Tim red )

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *