• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Mangkunegaran run in solo ,Menguak Sejarah

    ByAF

    Mar 12, 2023
    Mangkunegaran run in solo ,membuka tabir Sejarah

    Solo , Intra62.com . Mangkunegaran Run in Solo dilaksanakan pada Minggu (12/3). Mangkunegaran Run in Solo ada tiga kategori, yakni 21 kilometer, 10 kilometer, dan 5 kilometer. Pukul 05.00 WIB diberangkatkan kategori 21 kilometer. Selanjutnya tiap 30 menit dilanjutkan ke kategori selanjutnya.

    Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian acara hari jadi atau Adeging Pura Mangkunegaran ke-266.Acara ini  diikuti oleh sekitar 2.500 peserta lari. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pura Mangkunegaran, Katadata, DNC, Notch dan Pandara Sports.

    Pemimpin Mangkunegaran X Gust BHRE Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa acara ini bertujuan memperkenalkan Mangkunegaran ke masyarakat luas. Tidak hanya orang solo yang mngetahui adanya sejarah hari ke 266 . Namun masyarakat luas bisa mengetahui juga .

    Harapannya acara hari ini bukan menjadi yang pertama dan terakhir, tapi justru menjadi awal yang panjang. Perjalanan yang panjang untuk lebih memperkenalkan kebudayaan Mangkunegaran pada masyarakat lebih luas lagi,” ujar Sri Paduka Mangkoenagoro X.

    Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari para petinggi Asosiasi wartawan Demokrasi Indonesia ( AWDI ) yang waktu sempat sowan di Pura mangkunegaran . Perlu usaha  sosialisasi yang continue dalam memperluas informasi sejarah Mangkunegaran, kata sekjend AWDI Balham Wadja SH .

    Sekjend AWDI bersama staff khusus di Area Pura mangkunagran

    Baca juga : Wisata Religi Makam Para Raja Mangkunegaran

    Run in solo ada peserta Luar Negeri

    Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno turut hadir dalam acara Mangkunegaran Run in Solo. “Semoga ke depan semakin besar. Tentu saja ini untuk memperkenalkan kebudayaan, dan menjaga kesehatan. Sehat dan bahagia,” kata dia.

    Gusti BHRE sedang persiapan run inSolo
    Gusti BHRE sedang persiapan run inSolo

    Setelah memberikan kata sambutan, Sri Paduka Mangkoenagoro X melakukan flag off untuk lomba lari kategori 21K atau half marathon. Sri Paduka Mangkoenagoro X juga ikut dalam lomba lari kategori 5K.
    Mangkunegaran Run in Solo diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan internasional. Salah satunya peserta dari Divisi 1 Kostrad Cilodong, Depok Jawa Barat yaitu Immanuel Hutasoit yang berhasil mencapai garis finis untuk lomba lari kategori 5K.

    Ada pula  peserta lari kategori Half Maraton dari Cina , Li Peng . “Aku mengetahui acara ini dari temanku yang seorang lawyer (di Indonesia),” ujarnya.
    Ternyata tidak hanya acara kegiatan lari saja , juga ada Festival Musik dan Kuliner solo dan berbagai menu di Jawa Tengah .

    Sedangkan festival musik akan digelar pada Minggu sore ( 11 maret 2023 ) di area Mangkunegaran . Acara ini dimeriahkan oleh Marion Jola hingga Vina Panduwinata. ( red/intra62.com)

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *