• Wed. Jun 19th, 2024

    Kebebasan PERS Tanggal 3 Mei Tetap harus On the Track , Simak Guys

    ByAF

    May 4, 2023
    Kebebasan PERS Tanggal 3 Mei Tetap harus On the Track , Simak Guys

    Jakarta , Intra62.com . Kebebasan PERS Tanggal 3 Mei tetap harus On the Track . Seperti ulasan  yang disampaikan Sekretaris Jendral Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia , Balham Wadja SH dalam diskusi interaktif , malam ( 3/5/2023 ) di Basecamp Intra62.com , bahwa kesadaran pentingnya kebebasan wartawan menjadi prioritas dalam aktualisasi peran dan fungsi wartawan .

    Hari Kebebasan Pers Sedunia selalu dirayakan setiap tahunnya oleh seluruh dunia .  Tentunya hari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dalam memberikan informasi yang berkualitas , N0 Hoax .

    Di samping itu, Peringatan Hari Pers juga mengingatkan pemerintah mandatory untuk menghormati, menjunjung tinggi, dan menghargai hak kebebasan berekspresi. Hak kebebasan berekspresi menjadi Mandatory , namun tetap tidak boleh keluar dari kode etik jurnalistik ,” ungkap Balham Wadja SH .

    Artinya Kebebasan  tetap harus On the track dan landing Poisition yang tepat sehingga bisa dipertanggungjawabkan .

    Penting bagi kita memahami sejarah kenapa tanggal 3 mei , dipilih menjadi Hari kebebasan Pers Sedunia . Tanggal 3 Mei menjadi tanggal peringatan ” Windhoek declaration ”. Deklarasi tersebut menjadu pernyataan sikap yang tegas . Dan punya prinsip kebebasan pers yang dinyatakan oleh para jurnalis asal Afrika di Windhoek, Namibia pada 1991.

    Dalam Perang Saudara di Afrika di abad ke-20 , Para jurnalis tersebut sebelumnya mengalami penyerangan . Situasi  tersebut terjadi saat jurnalis mencari informasi, fakta, dan data untuk mengungkap kebenaran.

    Saat itu para jurnalis dipersulit untuk mendapatkan informasi , dan justru mendapat ancaman, serangan, kekerasan, bahkan pembunuhan. Dan para jurnalis tersebut mengajukan pledoi ke Konferensi UNESCO yang digelar di Windhoek , Namibia.

    Baca Juga : Pers yang Edukatif, Dinamis, Dan Terpercaya yang Digagas Oleh Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia

    Akhirnya dengan desakan para jurnalis,UNESCO merespon seruan tersebut . Lalu  disahkanlah Deklarasi Windhoek tersebut dan menetapkan Hari Kebebasan Pers Sedunia.

    Dalam masyarakat demokratis , peranan kebebasan dalam berekspresi mencari fakta dan kebenaran merupakan keniscayaan absolute . Peringatan ini merupakan side effect hak kebebasan berekspresi karena adanya jurnalis . Dan mereka sering terkena kekerasan, pembredelan, intimidasi dan penyensoran. ( Tim Red )

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/