• Wed. Jun 19th, 2024

    Cara Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

    ByASD

    Feb 21, 2023
    cara mengendarai mobil matic Handle porsenelimg

    INTRA62.COM | JAKARTA-Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengendarai  mobil matic atau belajar menyetir mobil matic untuk pemula? Mobil Matic memang berbeda dengan mobil manual, jika anda tidak terbiasa mengendarai mobil manual maka anda akan merasa berbeda saat mengendarai mobil matic.

    Banyak mobil anyar saat ini yang menggunakan teknologi Matic, yang tentunya memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih aman dan lebih canggih secara teknologi dibanding mobil manual.

    Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah dasar-dasar cara mengendarai mobil matic:

    Bagaimana cara menyalakan Mobil Matic

    Mobil Matic tidak akan bisa menyala jika posisi gear tidak berada di urutan P, maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah memindahkan tuas persneling ke posisi P. Perhatikan sebelum menstarter mobil matic, untuk amannya agar lebih aman, usahakan untuk menginjak pedal rem.

    Baca Juga :Hacker Korea Utara Curi Krypto

    Cara Menggunakan Gas dan Rem Mobil Matic

    Langkah selanjutnya adalah beralih dari P ke D dengan menginjak rem terlebih dahulu. Jika sudah dipindahkan, tancap gas perlahan hingga mobil perlahan maju. Saat kendaraan sedang melaju, jangan berhenti atau menginjak rem dengan kaki kiri.

    Tanda-tanda pada Perseneling

    Ada beberapa simbol pada tuas persneling yang perlu Anda perhatikan, simbol R (Reverse) untuk mundur, D (Drive) untuk menjalankan mobil, N (Netral) dapat digunakan saat kendaraan dalam keadaan macet.

    Jika saat mengemudi Anda ingin lebih berakselerasi, Anda dapat memindahkan Perseneling ke beberapa posisi, jika opsi + dan – Anda dapat mengatur kecepatan yang diinginkan, dan jika D3, D2, L Anda dapat memilih untuk berakselerasi tetapi ini ditentukan oleh sistem Matic.

    Cara mengemudikan Mobil Matic di tengah kemacetan

    Dalam kemacetan lalu lintas, kita hanya perlu menginjak rem dengan kaki kanan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Ingatlah bahwa jika Anda benar-benar berhenti karena kemacetan lalu lintas, Anda harus berpindah dari D ke N untuk meminimalkan keausan pada gearbox dan kanvas rem.

    Jangan lupa untuk menarik rem tangan untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi pengereman mendadak pada Mobil Matic Anda.

    Perbedaan antara Matic Konvensional dan Matic CVT

    Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini terdapat 2 jenis transmisi Matic yaitu Konvensional dan yang terbaru CVT. Sudah tahu bedanya? Lihat ulasan di bawah ini.

    Matic Konvensional

    Di Matic konvensional, Transmisi dipindahkan oleh seperangkat planetary gear set, yang menghasilkan rasio roda gigi yang berbeda. Menggunakan torque converter dan biasanya matic konvensional rata-rata menggunakan 4 perpindahan gigi dan gigi mundur.

    Kelemahan matic konvensional akan terasa saat perpindahan matic yang dapat mengurangi kenyamanan penumpang.

    Selain itu, teknologi konvensional pada mobil matic cenderung lebih boros bahan bakar karena gear ratio yang pendek menghasilkan rpm yang tinggi.

    Continuous Variable Transmissiom (CVT)

    Matic CVT  ini menggunakan perubahan diameter sepasang puli (drive atau drive pulley), sesuai dengan putaran mesin. Saat mengganti girboks, efek yang dihasilkan tidak akan terasa, yang tentunya akan membuat berkendara lebih nyaman.

    CVT sendiri mampu menjaga rpm mesin lebih rendah dari matic konvensional sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit. Dengan teknologi CVT ini, tersedia dua mode pengoperasian yaitu otomatis dan manual. dimana pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan berkendara dan medan yang dilalui.

    Jadi gimana tertarikah Anda memiliki mobil matic dengan teknologi CVT ini? Untuk melihat kendaraan Toyota mana saja yang sudah menggunakan teknologi transmisi CVT, Anda bisa cek menu produk di website kami.

    (Author & Editor : DA)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/