• Fri. May 24th, 2024

    Beberapa Jalan Tol Dioperasikan Jelang Mudik Lebaran 2023

    ByNAS

    Apr 10, 2023
    Beberapa Jalan Tol Dioperasikan Jelang Mudik Lebaran 2023

    Jakarta, Intra62.com – Beberapa jalan Tol dioperasikan jelang mudik lebaran. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan tol-tol yang konstruksinya sudah selesai akan dipergunakan pada musim mudik Lebaran 2023. Hal ini guna mengurangi kemacetan yang kerap terjadi pada saat mudik Lebaran.

    “Tol-tol yang konstruksinya sudah usai ini menjelang Lebaran akan dibuka agar bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan,” ujar Jokowi, Senin (10/4/2023).

    Baca Juga: Jokowi Mengunjungi Pasar, Cek Harga dan Stok Bahan-bahan Pokok Jelang Lebaran

    “Sesudah nanti Lebaran, baru dicek lagi. Siap difungsionalkan secara lengkap,” sambungnya.

    Jokowi menyampaikan sejumlah daerah yang menjadi tujuan utama pemudik yakni, Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Jawa Timur. Jokowi pun mengamanatkan kepala daerah dan jajaran menterinya agar mempersiapkan mudik dengan baik.

    Pasalnya, diprediksi ada 123 juta penduduk yang akan melangsungkan perjalanan mudik Lebaran 2023. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya 86 juta masyarakat.

    “Saya sudah mengingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut, para gubernur, para bupati, dan wali kota betul-betul mempersiapkan diri karena melompat dari 86 juta ke 123-124 juta,” terang Jokowi.

    Beberapa Jalan Tol Dioperasikan, Jalan Tol Solo-Yogyakarta Akan Dipergunakan untuk Mudik Lebaran

    Foto Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta, Senin (10/4/2023).

    Selanjutnya, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan pemerintah akan mengoperasikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta serta Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Kedua jalan tol ini akan difungsionalkan guna memperlancar arus mudik Lebaran 2023.

    Jika dari PU, tambahannya yang mungkin akan sangat membantu pertama adalah Cisumdawu, itu mudah-mudahan bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Dawuan 90 kilometer lebih,” tutur Basuki di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

    Menurutnya, Jalan Tol Cisumdawu bisa mulai difungsionalkan pada 15 April 2023. Kendati demikian, Basuki menuturkan nantinya baru dua lajur yang bisa dioperasionalkan karena ada daerah-daerah longsor.

    “Rencananya tanggal 15 April sudah dapat dibuka fungsional (Tol Cisumdawu). Karena ada yang daerah-daerah longsor nah itu kita lagi tangani dengan dua lajur minimal,” pungkasya.

    Sementara, dengan adanya Jalan Tol Solo-Yogyakarta, Basuki menyebut pemudik tak perlu lagi masuk ke Kartosuro jika hendak ke Yogyakarta. Hal ini diharapkan guna mengurai kemacetan, saat arus mudik Lebaran 2023. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/