• Fri. Apr 12th, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Balham Wadja SH ungkap AWDI ikut andil dalam terbentuknya UU Pers .

    ByAF

    Jun 4, 2023
    Balham Wadja SH ungkap AWDI ikut andil dalam UU Pers

    .Yogyakarta , intra62.com . Balham Wadja SH ungkap AWDI ikut andil dalam terbentuknya Dewan Pers . Pesan ini disampaikan pada saat pengarahan deklarasi DPW-DPC  di DIY Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia ( AWDI )  di Joglo Dajilan Sleman pada tgl 4 juni 2023 .

    Deklarasi ini dihadiri oleh pengurus DPC – DPC se-provinsi DIY dan dihadiri beberapa anggota AWDI . Asosiasi Wartawan demokrasi Indonesia salah satu organisasi profesi wartawan yang ikut masuk dalam lembar negara ,” ujar Anis Fu’ad  , Wakil sekertaris jendral AWDI .

    Dalam sejarah pendirian AWDI di era reformasi 1998 , saat itu organisasi yang eksis adalah PWI ( Persatuan Wartawan Indonesia ) . Sehingga dalam aktualisasi profesi kewartawanan yang independen , dibutuhkan peran serta organisasi wartawan  lainnya . Maka bermunculah beragam organisasi Jurnalis seperti AJI , AWDI dan lainnya .

    Pers di era reformasi berperan sangat penting untuk menjadi control sosial di tengah informasi masyarakat . Dan kepentingan pemerintah menjadi lebih fair apabila pemberitaan yang seimbang , akurat dan bisa dipertanggungjawabkan  .

    Pers menjadi Pilar ke empat setelah lembaga Yudikatif , legislatif dan Eksekutif  . sehingga diharapkan DPW AWDI di DIY bisa berperan secara maksimal dalam memberikan kontribusi di tengah-tengah gejolak di tahun politik .

    Baca juga : DPP AWDI beri ucapan Selamat kepada Edwin N Ketua Departemen Komunikasi Politik dan Kebijakan

    Dalam sambutannya wasekjend Anis Fuad menyampaikan bahwa anggota AWDI dilarang menerima uang receh ( Cepek Nopek ) dalam menjalankan tugas – tugas jurnalistik . Namun Anggota AWDI  di lapangan diharapkan mampu menyampaikan program-program kerja AWDI dalam membantu menyelesaikan problem masyarakat .

    Balham Wadja SH intruksikan Pers tetap independen

    Salah satu program kerja Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia ( AWDI ) adalah ikut menciptakan kondisi masyarakat yang tenang . Dan membantu problem solving di tingkat masyarakat paling bawah , “ungkap Anis Fu’ad.

    Kondisi sosial politik yang penuh  dinamika problem di masyarakat Yogya , tentunya DPW dan DPC di seluruh provinsi Yogyakarta harus mensikapi dengan baik . Kerja sama antar kepengurusan dan Instansi terkait Pemda I , Kapolres , Kapolda DIY serta ormas lainnya sangat lah urgen sekali untuk di follow up ,” kata ketua DPW  terpilih , Mas dika .

    Di era digital ini , Balham wadja SH mengintruksikan untuk anggota pers tetap independen , profesional . Dan selalu menggunakan kode etik jurnalistik dalam bekerja sebagai insan Pers , ” imbuhnya sambil mengakhiri acara deklarasi.

    ( Tim red )

     

     

     

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *