• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Tim AWDI terkecoh TOL CISUMDAWU yang Ternyata Ujungnya Bukan di Majalengka

    ByAF

    Apr 2, 2023
    Tim AWDI terkecoh TOL CISUMDAWU yang Ternyata Ujungnya Bukan di Majalengka

    Jakarta , Intra62.com . Tim AWDI terkecoh TOL CISUMDAWU yang Ternyata Ujungnya Bukan di Majalengka .Hal ini terlihat ketika Pengurus DPP AWDI mengadakan kunjungan kerja di wilayah Bandung menuju ke Cirebon .

    Menariknya dalam perjalan ini , ternyata  Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tidak berujung di Kabupaten Majalengka . Karena lokasi dari gerbang tol masih masuk wilayah Kabupaten Sumedang.

    Akses keluar atau ujung dari Jalan Tol Cisumdawu tersebut berada di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama . Wilayah ini berada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya Kabupaten Sumedang.

    Gerbang tol tersebut merupakan bagian dari Seksi 6B dengan panjang jalan 2,07 kilometer. Yang kemudian dihubungkan ke akses keluar yakni Simpang Susun Dawuan atau Junction Dawuan.

    Baca juga : Wisata Bandung Untuk Imlek 2023, Gong Xi Fa Cai

    Akses penghubung berupa simpang susun inilah yang masuk ke wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka .Hal ini unik sekali , meski bernama Simpang Susun Dawuan, tetapi sesungguhnya wilayahnya berada di Kecamatan Kertajati.

    Adapun Kecamatan Dawuan berada 10 kilometer dari lokasi Simpang Susun Dawuan di Kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan atau Cipali.

    Sebagai informasi tambahan bahwa  penamaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan . Karena memang akses penghubung Bandung dengan Majalengka ini, semula berujung di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

    Tetapi pada tahun 2017, terjadi perubahan trase jalan yang sangat signifikan di Seksi 5, yang mengakibatkan penyesuaian pada bagian akhir.

    Sehingga Jalan Tol Cisumdawu berakhir di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya yang berbatasan dengan Kecamatan Kertajati.

    Kemudian untuk mempertahankan nama Cisumdawu. Maka dipakailah nama Dawuan untuk sebuah simpang susun atau junction yang berada di Kilometer 152 Tol Cikopo – Palimanan atau Cipali.

    Usul Nama Diubah dari Tol Cisumdawu Jadi Cisumjati

    Dengan perubahan trase jalan tersebut , Bupati Majalengka, Karna Sobahi sempat meminta ada perubahan nama Tol Cisumdawu . Mengingat hal  dinilai sudah tidak tepat lagi dan sebaiknya diganti menjadi Cisumjati.

    Menurut Karna Sobahi, seharusnya ada perubahan nama pada ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, karena lokasinya memang berubah.

    “Itu mah istilah dulu, bukan Cisumdawu lagi sekarang mah. Hal ini mengakibatkan banyaknya pengguna jalan terkecoh TOL CISUMDAWU. Sepertinya nama Cisumjati lebih cocok dipakai sekarang ini. Tol tersebut memang berakhir di Kecamatan Kertajati,” kata Karna, belum lama ini. ( red )

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *