• Fri. May 24th, 2024

    4 Daftar Tempat Wisata Yang Dekat Dengan Candi Prambanan

    ByNAS

    Feb 6, 2023

    Klaten, Intra62.comCandi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Di dekat Candi Prambanan terdapat banyak objek wisata menarik.

    Tentunya, deretan wisata di dekat Candi Prambanan bisa menjadi wisata alternatif atau wisata pendukung bagi wisatawan yang sedang piknik di candi yang berada di perbatasan Klaten (Jateng) dengan Sleman (DIY) tersebut.

    Sebagian dari kawasan wisata yang terletak pada ketinggian 154 meter di atas permukaan laut ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Klaten. Lokasinya hanya sekitar 100 meter dari jalan raya Yogya-Solo sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

    Di dekat Candi Prambanan juga terdapat beberapa wisata menarik yang patut dikunjungi. Berikut dibawah ini daftarnya:

    Baca Juga: Wisata Air Umbul Pluneng Di Klaten, Cek Harga Tiket Turun Per 6 Februari

    Candi Sojiwan

    Candi Sojiwan candi ini berjarak kurang lebih 2 kilometer dari Candi Prambanan. Berlokasi di Dukuh Kalongan, Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

    Daya tarik paling utama yang di miliki tempat ini adalah keberadaan 20 relief. Bagian puncak relief digambarkan adegan kisah Jataka atau Pancatantra.

    Memiliki luas sekitar 8.140 meter persegi, luas bangunan candi 401,3 meter persegi dan tinggi sekitar 27 meter. Kompleks candi yang luas dilengkapi pagar besi yang mengelilinginya.

    Candi Plaosan

    Candi Plaosan berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kawasan candi di bagi menjadi dua bagian, yaitu area Lor (Selatan) dan Kidul (Utara) dengan jarak 20 meter.

    Hal menarik dari tempat ini sejarahnya menjadi bukti cinta dari Rakai Pikatan yang menganut agama Hindu untuk sang istri Pramudya Wardhani yang menganut agama Buddha. Rakai Pikatan sengaja mendesain Candi ini dengan sentuhan dua agama sekaligus (Hindu dan Buddha).

    Taman Air Galuh Tirtonirmolo

    Taman Air Galuh Tirtonirmolo by Intra62

    Objek wisata ini tempatnya sangat dekat dengan Candi Prambanan, yakni hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer. Taman air ini lokasinya menyatu dengan Hotel Galuh Prambanan.

    Waterpark ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

    Di hari biasa, Senin hingga Sabtu, tiket masuk ke objek wisata ini harganya Rp 15.000/orang. Sedangkan pada saat Minggu dan hari libur, harga tiketnya Rp 20.000/orang.

    Galpentjil Heritage Di Klaten

    Galpentjil Heritage Klatenby Intra62

    Tempat wisata ini berada di bawah Perbukitan Seribu Sleman, Jogja. Lokasi tepatnya di Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

    Di tempat ini, wisatawan bisa langsung melihat pemandangan alam dari ketinggian. Di Galpenjtil Heritage Pereng, pengunjung dapat berswafoto dengan latar belakang Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

    (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    slot777

    slot

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/zeusslot/

    https://insankamilsidoarjo.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://smpbhayangkari1sby.sch.id/wp-content/slot-zeus/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://lookahindonesia.com/wp-content/bonus-new-member/

    https://sd-mujahidin.sch.id/wp-content/depo25-bonus25/

    https://ponpesalkhairattanjungselor.sch.id/wp-content/mahjong-slot/

    https://mtsnupakis.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabum.sch.id/wp-content/slot777/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/bonus-new-member/

    https://sdlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/

    https://paudlabumblitar.sch.id/wp-content/spaceman/