• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Sumber Api Plumpang dari PETIR ?cek fakta

    ByAF

    Mar 17, 2023
    Sumber Api Plumpang dari mana ?

    Jakarta , Intra62.com . Sumber Api kebakaran di Depo Plumbang dari mana ? apakah dari Petir . Pertanyaan ini diajukan oleh peserta diskusi interaktif AWDI DPP di kantor .(16/3/2023) . Dalam forum diskusi ini menyoroti ”  warna warni perkeliruan di Tanah Merah yang semakin bias , baik dari menempati tanah yang illegal , munculnya KTP , terbitnya IMB  ” . Dan  yang terpenting adalah bagaimana bisa lemahnya contol Pertamina dalam sistem HSSE yang tidak profesional dan terkesan tidak peduli dengan sistem pengamanan .

    Menurut Nickey Dirut Pertamina , Sampai saat ini masih di duga bahwa Sumber kebakaran akibat pipa inlet , bukan di Tanki BBM . dan investigasi di lapangan  belum selesai .

    Ia menekankan pihaknya akan menggunakan prinsip ketelitian dan kehati-hatian. Dia juga berujar pihaknya akan mengedepankan scientific investigation atau investigasi secara ilmiah. “Kami turunkan Bareskrim. Selain penyidiknya, kami menurunkan Puslabfor dan Pusinafis Polri,” kata dia.

    ” Nah , kalau kita kihat sebetulnya kemarin insiden itu ada dimana ? itu kalau kita lihat di ujung A yang oranye itu . di pokok kanan atas , atas kanan pas dibelokkan , ya di situ , ” ujar Nicke dikutip dari kompas .com.

     

    Baca juga : Kapolri Pastikan Tim Investigasi Dalami Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

    Pipa Inlet biang Api

    Jadi bukan ditangkinya , tapi di pipa masuk kedalam tankitersebut. Di pipa itulah yang terjadi kebakaran . “ujarnya . Namun nicke belum bisa merinci secara detail bagaimana kebakaran bisa menyebar ke warga . karena investigasi full team belum selesai .

    Menanggapi kondisi sumber api dan kebakaran yang belum jelas , Sekretaris Jendral Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI ) , Balham Wadja SH  akan membentuk tim investigasi guna membantu pihak Kepolisian dan Pertamina . Dalam mengurai proses sumber api sampai menjalar ke rumah warga . Tim Investigasi ini nantinya terdiri dari Tim ahli di bidang Proses Engineering di Oil dan Gas .

    Sebelumnya, tim investigasi gabungan dari Polri telah memeriksa 14 orang saksi dalam kasus kebakaran depo Pertamina Plumpang. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan mengatakan sembilan yang diperiksa merupakan pihak Pertamina. ( red/tim intra62)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *