• Wed. Feb 21st, 2024

    INTRA62.COM

    Berita Nusantara Milik Bersama

    Kacang ijo memiliki kandungan nutrisi lengkap

    ByNAS

    Feb 28, 2023

    Jakarta, INTRA62.comKacang ijo memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, seperti serat, protein, vitamin, dan mineral, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.  Kacang ijo merupakan sumber protein nabati yang baik, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh vegetarian atau vegan yang membutuhkan asupan protein yang cukup.

    Selain itu, manfaat kacang ijo juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes. Kacang ijo juga kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin B kompleks, vitamin E, asam folat, zat besi, magnesium, kalium, dan seng.

    Berikut ini manfaat kacang ijo yang rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/2/2023).

    Manfaat Kacang Ijo memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap

    Potret bubur kacang hijau (intra62.com/NA)
    • Menjaga kesehatan jantung

    Kacang ijo kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain serat, kacang ijo juga mengandung magnesium yang penting untuk kesehatan jantung. Magnesium membantu menjaga detak jantung yang normal, memperbaiki sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam kacang ijo juga dapat membantu mengatur detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

    • Menjaga kesehatan pencernaan

    Manfaat kacang ijo yang mengandung serat tinggi, bisa memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kacang ijo juga mengandung enzim yang  bisa meningkatkan produksi asam lambung. Asam lambung diperlukan untuk mencerna makanan yang kita konsumsi. Dengan produksi asam lambung yang cukup, pencernaan makanan dapat berjalan dengan lebih baik.

    • Menjaga kesehatan tulang

    Kacang ijo mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Selain itu, kacang ijo juga mengandung vitamin K yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Vitamin K yang memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

    • Menjaga kesehatan mata

    Manfaat kacang ijo mengandung karotenoid yaitu senyawa yang memberikan warna pada buah dan sayuran. Karotenoid memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Karotenoid juga dapat membantu menjaga kesehatan retina. Retina adalah jaringan yang sensitif terhadap cahaya di dalam mata. Kekurangan karotenoid dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata seperti degenerasi makula dan katarak.

    Manfaat Yang dimiliki Kacang Ijo Berikutnya

    • Turunkan risiko diabetes

    Kacang ijo mengandung serat dan protein yang cukup tinggi, yang membantu mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu, kacang ijo juga mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Flavonoid adalah senyawa alami yang ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Flavonoid dapat membantu meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

    • Membantu menurunkan berat badan

    Manfaat kacang ijo dapat membantu menurunkan berat badan. Kacang ijo juga memiliki nilai glikemik yang rendah, yang berarti bahwa kadar glukosa dalam darah tidak naik terlalu cepat setelah mengonsumsinya. Hal ini dapat membantu menghindari peningkatan berat badan yang berhubungan dengan konsumsi makanan dengan nilai glikemik tinggi.

    • Meningkatkan fungsi otak

    Kacang ijo mengandung vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 dan asam folat, yang penting untuk kesehatan otak. Vitamin B6 membantu memproduksi neurotransmitter yang penting untuk fungsi otak yang sehat. Selain itu, kacang ijo juga mengandung magnesium yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan gangguan kognitif seperti kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan memori yang buruk.

    • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Mengandung vitamin C, vitamin E, dan selenium, yang semuanya penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi, sementara vitamin E dan selenium berperan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

    • Menjaga kesehatan kulit

    Kacang ijo mengandung vitamin E yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah terjadinya keriput.

    Manfaat Yang dimiliki Kacang Ijo Selanjutnya

    • Membantu mengendalikan gula darah

    Manfaat kacang ijo yang mengandung karbohidrat kompleks, secara lambat dicerna oleh tubuh dan memberikan energi secara bertahap. Ini membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan mencegah terjadinya peningkatan gula darah yang tiba-tiba. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi terkena diabetes.

    • Menjaga kesehatan saluran pencernaan

    Kacang ijo mengandung serat, serat akan mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengurangi risiko kanker usus besar.

    • Meningkatkan energi tubuh

    Kacang ijo mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Karbohidrat kompleks memberikan energi secara bertahap dan tahan lama, sementara protein membantu memperbaiki sel dan jaringan dalam tubuh.

    • Menjaga kesehatan rambut

    Kacang ijo mengandung zat besi dan biotin yang baik untuk kesehatan rambut. Zat besi membantu memperbaiki sel-sel rambut yang rusak, sedangkan biotin berperan menjaga kekuatan dan elastisitas rambut.

    • Meningkatkan kualitas tidur

    Manfaat kacang ijo yang mengandung triptofan, asam amino yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh. Hormon serotonin juga menjaga suasana hati yang stabil dan mengurangi stres, sedangkan hormon melatonin membantu mengatur siklus tidur dan meningkatkan kualitas tidur. (red)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *